PENGARUH PELAYANAN KONSELING TERHADAP KESEJAHTERAAN KELOMPOK MISKIN EKSTREM (SME) DITINJAU DARI DUKUNGAN KOMITE DAN GURU DI KOTA BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35124Keywords:
Pelayanan Konseling, Kesejahteraan, Siswa Miskin Ekstrem, Komite, dan GuruAbstract
Tujuan penelitiannya mengetahui: (1) apakah ada pengaruh pelayanan konseling terhadap kesejahteraan kelompok siswa miskin ektrem (SME)?; (2) ditinjau dari dukungan komite apakah ada pengaruh pelayanan konseling terhadap kesejahteraan kelompok siswa miskin ektrem (SME)?; serta (3) ditinjau dari dukungan guru apakah ada pengaruh pelayanan konseling terhadap kesejahteraan kelompok siswa miskin ektrem (SME)? Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitatif metode ex post factoPopulasi seluruh Siswa Miskin Ekstrem (SME) Sekolah Dasar di Balikpapan yang masuk kategori Sekolah Ramah Anak (SRA), sampel penelitian ini yaitu Siswa Miskin Ekstrem di SDN 001 Balikpapan Timur; SDN 002 Balikpapan Selatan, dan SDN 001 Balikpapan Kota, SDN 009 Balikpapan Utara, dan SDN 004 Balikpapan Barat. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan instrument/angket. Analisis data berupa: Uji Normalitas, Uji Linearitas, dan Uji hipotesis digunakan uji F. Setelah Uji validitas dan uji reliabilitas untuk angket pelayanan konseling yang digunakan yaitu 23, sedangkan untuk angket kesejahteraan kelompok siswa miskin ekstrem terdapat 22. Hasil pembahasan yaitu (1) terdapat pengaruh pelayanan konseling terhadap kesejahteraan kelompok siswa miskin ektrem (SME); (2) ditinjau dari dukungan komite terdapat pengaruh pelayanan konseling terhadap kesejahteraan kelompok siswa miskin ektrem (SME); serta (3) ditinjau dari dukungan guru terdapat pengaruh pelayanan konseling terhadap kesejahteraan kelompok siswa miskin ektrem (SME).References
Astuti, Casmudi, & Sugianto. (2019). Peran Guru Bimbingan dan Konseling SMA Patra Dharma Balikpapan Dalam Meningkatkan Minat Melanjutkan Studi Keperguruan Tinggi Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Edueco, 2 (2), 19-18. DOI: https://doi.org/10.36277/edueco.v2i2.41
Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di Sma Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 53–62. Https://Doi.Org/10.57094/Jubikon.V2i1.376
Chairiyah, Nadziroh, & Pratomo. (2021). Sekolah Ramah Anak Sebagai Wujud Perlindungan Terhadap Hak Anak di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 7 (3), 1213-1218. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10229
Evianah, Ninik. (2023). Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan Dan Perlindungan Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5 (1), 3216-3224. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11500
Gultom, R., & Muis, T. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas X Ips 2 Di Sma Hang Tuah 4 Surabaya Tahun Ajaran 2020/2021. Helper : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 38(2), 79–87. Https://Doi.Org/10.36456/Helper.Vol38.No2.A3943
Grant Smith, D., Gillett-Swan, J., & Chapman, R. (2017). WIL wellbeing: Exploring the impacts of unpaid practicum on kesejahteraan siswa. National Centre for Student Equity in Higher Education Curtin University: Australia. https://www.acses.edu.au/app/uploads/2017/07/GrantSmith_WIL.pdf
Hasibuan, Halim, & Nasution. (2024). Strategi Kepala Koperasi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru dan Staff Pegawai di SMP IT Nurul Azizi. Jurnal Riview Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4379-4385. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27085
Jiang, Hu, & Xinran. (2023). Effects of school-based and community-based protection services on victimization incidence among left-behind children in China. Children and Youth Services Review, 10 (1), 239-245 DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.04.011
Kurnia, et al. (2024). Terapan Layanan Konseling Pada Siswa Yang Kurang Percaya Diri di SDIT Azzhahiriyah. Jurnal Riview Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12762-12769. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34196
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Magat, Marita S. (2021). Implementation of Programs under the Child-Friendly School Systems (CFSS): Response to Sustainable Development Goals. International Journal of Research and Innovation in Social Science, International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), 5 (11), 555-562. https://ideas.repec.org/a/bcp/journl/v5y2021i11p555-562.html
Na'imah, Widyasari, & Herdian. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-nilai Karakter Anak usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747-756. DOI:10.31004/obsesi.v4i2.283
Nugroho, A. D., & Fathoni, A. (2022). Hambatan Guru Berlatar Pendidikan Non Bimbingan Konseling Sebagai Pelaksana Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5839–5846. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3136
Santrock, J. (2020). Life-Span Debvelopment (16th-ed). NewYork: MC.Graw-Hill Education.
Suharjuddin dkk. (2022). Implementasi Sarana Prasarana Ramah Anak Di SDN Bekasi Jaya VII. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7 (2), 1151-1166. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6369
Sugianto & Casmudi. (2022). Teaching Factory Dalam Menghasilkan Lulusan Siap Bekerja dan Berwirausaha. JURKAMI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 7(1), 171-176. DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v7i1.1573
Sugiyono & Sutopo. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto & Najiha. (2023). Peran Komunikasi Konseling Oleh Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Problema Peserta Didik Di SMK Muhammadiyah Parepare. Al-Mau’izhah, 6 (1), 57-68. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/2975
Young, T., Macinnes, S., Jarden, A., & Colla, R. (2020). The impact of a wellbeing program imbedded in university classes: the importance of valuing happiness, baseline wellbeing and practice frequency. Studies in Higher Education, 1-20. https://doi.org/10.1080/03075079.2020.1793932
Yunita & Hemawati. (2024). Peran Layanan Konseling Individu Dalam Mengatasi Kenakalan Santri di Ponpes Modern An-Nursali Binjai. Jurnal Riview Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4562-4568. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27208
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Casmudi Casmudi, Sugianto Sugianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.