PERAN PENDIDIK UNTUK MENANGGULANGI PENYIMPANGAN PERILAKU DALAM PERSFEKTIF PAI

Authors

  • Muhammad Sultan Walya Talatthaf Universitas Islam Jakarta
  • Nahuda Nahuda Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34063

Keywords:

Peran Pendidik, Menanggulangi Penyimpangan Perilaku

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran pendidik dalam menanggulangi penyimpangan perilaku dalam perpektif Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan instrumen penggalian data wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 65 Jakarta dapat diketahui bahwa peran pendidik sangat penting karena menjadi aktor dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia, dan menjadikan manusia yang bertauhid kepada Allah SWT. Strategi yang dilakukan pendidik dalam menanggulangi penyimpangan perilaku adalah, pertama, dengan melaksanakan pembiasaan dengan melakukan kegiatan keagamaan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan yang kedua, dengan memberikan informasi, edukasi berupa sosialisasi tentang penyimpangan perilaku baik segi pandangan Agama Islam maupun segi kesehatan dan dampak buruk pada masyarakat. Pendidik PAI telah memberikan upaya dengan sebaik – baiknya dalam membentuk karakter peserta didik yang menjunjung tinggi budi pekerti, akhlaq mulia dan dapat memiliki benteng untuk memperkokoh keimanan dan ketaqwaan agar dapat menahan diri untuk tidak terjerumus kepada hal-hal negatif yang memiliki dampak buruk terhadap masa depan maupun dampak buruk untuk masyarakat terutama di lingkungan pendidikan

References

Kamila, A. (2023). PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN MORAL DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 323.

Margono, S. (2000). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:: Rineka Cipta.

Mulyana, D. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan. Bandung:: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung:: Remaja Rosdakarya.

Mungafif. (2019). Strategi Pembelajaran dalam Mengatasi Penyimpangan Peserta didik di SMPN 1 Sendang Agung, Lampung Tengah. Tesis, 1-3.

Nasution. (2006). Metode Research. Jakarta:: Bumi Aksara.

Nurhayati, & Rosadi, K. I. (2022). DETERMINASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: SISTEM PENDIDIKAN, PENGELOLAAN PENDIDIKAN, DAN TENAGA PENDIDIKAN(LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM). Jurnal Manajemen Pendidikan dan ILMU Sosial, 455.

Nurzannah, S. (2022). Peran Guru dalam Pembelajaran. ALACRITY: Journal Of Education, 29-33.

Sabtrock, J. W. (2010). Psikologi Pendidikan,. Jakarta: Selemba Humanika.

Sari, D., & Sudarsono. (2020). Tingkat Keberfungsian Sosial Remaja dengan Kecanduan Narkoba. Jurnal Keperawatan Jiwa, 101-108.

Setyaningsih. (2019). Literasi Media Sosial bagi Guru di Era Post-Truth. Jurnal Varidika.

Sudarsono. (2012). Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulaiman, U. (2012). Perilaku Menyimpang Remaja dalam Perspektif Sosiologi. Makassar: Allaudin University Press.

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Talatthaf, M. S. W. ., & Nahuda, N. (2024). PERAN PENDIDIK UNTUK MENANGGULANGI PENYIMPANGAN PERILAKU DALAM PERSFEKTIF PAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12522–12527. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34063