MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA, BERPIKIR KRITIS, HASIL BELAJAR MATERI IPA PENDEKATAN SAINTIFIK (PBL), SNOWBALL THROWING, PICTURE AND PICTURE SDN PANGERAN 2 BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32919Keywords:
Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Snowball Throwing, Picture And Picture.Abstract
Rendahnya aktivitas, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa dalam riset ini menjadi permasalahan. Ini disebabkan pembelajaran yang terkesan membosankan, pembelajaran satu arah, kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, serta terbatasnya penggunaan berbagai model dan media pembelajaran. Model Problem Based Learning Snowball Throwing dan Picture and Picture dapat digunakan sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut. Riset ini bertujuan guna mengkarakterisasi tindakan guru, mengkaji peningkatan aktivitas siswa, menilai kemampuan berpikir kritis siswa, dan mengevaluasi tujuan pembelajaran siswa. PTK digunakan dalam riset ini dan diterapkan dalam 4 kali pertemuan. 9 anak kelas 4 SDN 2 Pangeran 2 perempuan dan 7 laki-laki, berpartisipasi dalam riset ini selama semester kedua tahun ajaran 2023–2024. Metodologi riset ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui penilaian tertulis yang diberi pada siswa baik secara individu dan kelompok, serta melalui pengamatan terhadap aktivitas instruktur dan siswa serta kemampuan berpikir kritis.References
Amberansyah, & Siti Norlisnani (2018). Upaya Penimgkatan Pembelajaran PKN Pada Materi Keputusan Bersama Melalui Model Student Team Achievement Division (STAD) Direkomendasikan Dengan Numbered Head Together (NHT) Dengan Scramble Pada Kelas VB SDN Pelambuan 7 Banjarmasin Barat. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan 4(1)-2018
Amberansyah & Bestari E. W (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan PPKN Menggunakan Model PBL Discovery Learning Dan Talking Stick Pada Siswa Kelas 5 SDN Atasan Kecil Timur 3 Banjarmasin. Inspirasi Dunia : Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa Vol.2, No.4 November 2023
De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.
Fauziddin. 2014. Pembelajaran PAUD Bermain Cerita Menyanyi Secara Islami. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.
Fita Sari (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3. Edu Cendekia : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Metroyadi, Pratiwi, D. A., & Shalilah, M. (2019). Implementasi Kombinasi Model Pembelajaran Think, Pairs And Share (TPS), Cooperative Script Dan Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SDN Kelayan Timur 12 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 151–166.
Prastitasari, H., Cholis, S., & Aji, S. M. W. (2021). Diagnosis Of Calculation DifficultiesAt Elementary School In Low Class. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 3(March), 6.
Rahman, dkk (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam Vol 1 No. 1, 2-8.
Rahmat Hidayat, MA & Abdillah, S.Ag, M.Pd (2019) Ilmu Pendidikan "Konsep Teori dan Aplikasinya". Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Setiawan, Adib Rifqi. (2019). Penerapan pendekatan saintifik untuk melatihkan literasi saintifik dalam domain kompetensi pada topik gerak lurus disekolah menengah pertama. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. URL: http://repository.upi.edu/29074/
Suardi. (2018) Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo
Sumianto, S. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Pop Up Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1446–1459. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.727
Suliswa, Eka Yusnaldi, Dkk (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Mata Pelajaran IPS Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di Jenjang Sekolah Dasar. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.
Suriansyah, A., Amelia, R., & Lestari, M. A. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (Pbl), Think Pair and Share (Tps) Dan Teams Games Tournament (Tgt) Di Kelas Vb Sdn Teluk Tiram 1 Banjarmasin. -, 5(1), 27–36.
Umam, K. (2018). Perilaku Organisasi. Bandung: CV Pustaka Setia
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yunita Sari, Amberansyah Amberansyah, Zain Ahmad Fauzi, Dessy Dwitalia Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.