PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS

Authors

  • Rifky Aditya Ramadhan Universitas Mangku Wiyata
  • Muh Khafid Wahyu Nugroho Universitas Sebelas Maret
  • Adnin Mutiara Universitas Mangku Wiyata

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32810

Keywords:

Problem Based Learning, Aplikasi Canva, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 1 Mojo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan aplikasi Canva pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Mojo tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Mojo tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Canva dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Mojo, terbukti dengan hasil evaluasi pada pra siklus 16%, siklus I 56%, dan siklus II 84%.

References

Apriani, Riska 2013. Peningkatan Pembelajaran Perubahan Lingkungan melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Randugunting 3 Kota Tegal. Semarang: Skripsi S1 PGSD FKIP Unnes

Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Askara

Evi, Tika, and Endang Indarini. "Meta analisis efektivitas model problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3.2 (2021): 385-395.

Fatah, P. R., Kisai, A. A., Nurkholis, N., & Labudasari, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas IV A SDN 1 Cirendang Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 29-40.

Ferdiansa, R. A., Miyono, N., Reffiane, F., & Suprihatin, G. (2023). Penerapan Model Problem Base Learning Berbantu “Canva” Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Gajahmungkur 04. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 12099-12110.

Kurniasih, Imas dan Sani Berlin. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

Ledoux, S. F. (2002). Defining natural sciences. Behaviorology Today, 5(1), 34-36. Diakses pada 9 September 2023 dari https://behaviorology.org/oldsite/pdf/DefineNatlSciences.pdf

Novianti, dkk. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah dasar. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/323

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3-456.

Samatowa, U. (2006). Bagaimana Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan

Sutarningsih, N. L. (2022). Model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 116- 123.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17-24.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Ramadhan, R. A. ., Nugroho, M. K. W. ., & Mutiara, A. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11749–11753. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32810