PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32810Keywords:
Problem Based Learning, Aplikasi Canva, Hasil BelajarAbstract
Abstrak Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 1 Mojo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan aplikasi Canva pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Mojo tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Mojo tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Canva dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Mojo, terbukti dengan hasil evaluasi pada pra siklus 16%, siklus I 56%, dan siklus II 84%.References
Apriani, Riska 2013. Peningkatan Pembelajaran Perubahan Lingkungan melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Randugunting 3 Kota Tegal. Semarang: Skripsi S1 PGSD FKIP Unnes
Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Askara
Evi, Tika, and Endang Indarini. "Meta analisis efektivitas model problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3.2 (2021): 385-395.
Fatah, P. R., Kisai, A. A., Nurkholis, N., & Labudasari, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas IV A SDN 1 Cirendang Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 29-40.
Ferdiansa, R. A., Miyono, N., Reffiane, F., & Suprihatin, G. (2023). Penerapan Model Problem Base Learning Berbantu “Canva” Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Gajahmungkur 04. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 12099-12110.
Kurniasih, Imas dan Sani Berlin. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Ledoux, S. F. (2002). Defining natural sciences. Behaviorology Today, 5(1), 34-36. Diakses pada 9 September 2023 dari https://behaviorology.org/oldsite/pdf/DefineNatlSciences.pdf
Novianti, dkk. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah dasar. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/323
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3-456.
Samatowa, U. (2006). Bagaimana Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan
Sutarningsih, N. L. (2022). Model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 116- 123.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17-24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rifky Aditya Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.