ANALISIS KOMPETENSI HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI DI MADRASAH PERTUBUHAN KEBAJIKAN AL-MUHIBBIN MALAKA, MALAYSIA

Authors

  • Syahdan Syahdan Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Naswa Kurniawan Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Rahmat Hidayat Nasution Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Resky Akbar Harahap Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Charles Rangkuti Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32771

Keywords:

Kompetensi, Hafalan, Santri.

Abstract

Kemampuan menghafal Al-Qur’an memiliki pengaruh terhadap kualitas hafalan seseorang, hal ini dikarenakan apabila semakin bagus kemampuan menghafalnya maka semakin baik hafalannya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang mana teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam menghafal Al-Qur’an menggunakan metode sangatlah penting dalam meningkatkan kompetensi menghafal Al-Qur’an para santri, dan metode yang biasa digunakan di Madrasah Al-Muhibbin ialah Talaqqi, tahsin, dan tasmi’

References

Alfian Nurul Khoirulloh. Hafidz. Husna nashihin, 2023, Strategi Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesasntren Tahfidzul Aur’an Griya Qur’an 3 Klaten, Innovative Education Journal, Vol. 5, No. 2.

Cut Rahmadani, 2024, Menignkatkan Kompetensi Menghafak Al-Qur’an Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VII SMP Bukti Mas, Journal Of Community, No. 1, Vol. 1.

Fatmi. Fatrima santri. Poni Saltifa,2022, Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pancasila Kota Bengkulu, Jurnal pendidikan MIPA, No. 12, Vol. 3.

Junita Arini. Winda Wahyu Widarwassih, 2022, Strategi dan Metode Menghafal Al-Quran di Pondon Tahfidz Darul Itqoh Lombok Timur, Jurnal Penelitian Keislaman, No. 17, Vol. 2.

Khalilah, 2018, Kompetensi Ustdaz Dalam Motivasi Siswa Menghafal Al-Qur’an Di Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air Aceh Besaar, Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Meirani Agustian. Ngadri Yusro. Syaiful Bahri, 2020, Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Ar-Rahman Curup, Jurnal Kependidikan, Vol. 14, No. 1.

Ku Fatahiyah Ku Azizan et al, 2019, pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kalangan Pelajar Tahfidz Wal Qiroaat, e-Bangi, No. 16, Vol. 2.

Subhan Wahyudi Ibnu Surahwan, 2023, Alternatif Menghafal Al-qur’an Dengan Metode Takbir Tasmi’ Dan Muroja’ah Bagi Tingkat Pemula, Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, Vol. 7, No. 2.

Raidatam Mardiyah. Nurmisda Ramayani. Satria Wiguna, 2022, Implementasi Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Podok Pesantren Kampung Qur’an Pulau Banyak, Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, Vol 1, No. 4.

Rani Helma Putri, 2022, Analisis Kesulitan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Di SDIT Cahaya Makkah Kabupaten Pesaman Barat, Skripsi, Bandung.

Sofya Rofi, 2019, Analisis Perbedaan Hasil Belajar Siswa Mengikuti Program Tahfidz Al-Qur’an (Studi Kasus di SMp Muhammadiyah 9 Watukebo Jember), Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, No. 1.

Syarif Abdurrahman. Suparti Suparti, 2023, Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Peserta Didik, Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Vol. 4, No. 1.

Wahyuni Ramadhani. Wedra Aprison, 2022, Urgensi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Era 4.0, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6, No. 2.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Syahdan, S., Kurniawan, N. ., Nasution, R. H. ., Harahap, R. A. ., & Rangkuti, C. . (2024). ANALISIS KOMPETENSI HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI DI MADRASAH PERTUBUHAN KEBAJIKAN AL-MUHIBBIN MALAKA, MALAYSIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11672–11676. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32771