PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ACTIVE OBSERVATION AND FEEDBACK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMP

Authors

  • Nur Ilmiyati Universitas Galuh
  • Adi Maladona Universitas Galuh
  • Yudi Kurniawan Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32743

Keywords:

Ekosistem, Active Observation And Feedback, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi khususnya pada pokok bahasan ekosistem telah menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi guru yang bersangkutan. Oleh karena itu perlu dicari solusi tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model Active Observation and Feedback terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem di kelas VII SMP. Penelitian telah dilaksanakan di SMP mulai dari tanggal 31 Maret sampai tanggal 12 April 2014. Subjek penelitian adalah kelas VII B dengan jumlah siswa 32 orang. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji Z. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Active Observation and Feedback berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari prosentase hasil belajar siswa kelas VII B sebesar 75% dengan kriterian standar deviasi sebesar 11,44, pada uji homogenitas diperoleh skor Fhitung 1,21 dan Fdaftar 1,86 serta pada Zhitung 6,13 dan Ztabel 18,38. Hasil belajar siswa menggunakan model Active Observation and Feedback meperoeh rata-rata 71,09, skor tertinggi 85 dan skor terendah 55. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengunaan model Active Observation and Feedback berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem.

References

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : CV. IKIP Semarang Press.

Agustina, M. (2018).Problem Based Learning (PBL):Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa. At-Ta’drib Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Volume 10, No.2 Desember 2018.

Aryanta dan Redi (2014). Pengaruh Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan Masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Prodi Biologi F. MIPA UNHI (pp.224-231).

Aryanta dan Redi (2014). Pengaruh Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan Masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Prodi Biologi F. MIPA UNHI (pp.224-231).

Darsono. (2006). Manajemen Keuangan Pendekatan Praktis: Kajian Pengambilan Keputusan Bisnis Berbasis Analisis Keuangan. jakarta: Diaadit Media.

Fathurrohman, M (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta. ArRuzz Media.

Joko, Singgih P. 2013.Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Observation and Feedback dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Beljar Siswa. Universitas Negeri Surabaya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solihat, Rini, Eris Rustandi, Wandi Herpiandi, and Zamzam Nursani. (2022). Biologi SMA/MA SMP Kelas XI (1st ed). ed. Muhammad Marsidi. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Rset dan Teknologi. Hlm. 185-189.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitan Kebijakan. Bandung. Alfabeta.

Syamsuri,Istamar dkk. 2006. IPA Biologi SMP kelas VIII. Jakarta. Erlangga.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Ilmiyati, N. ., Maladona, A. ., & Kurniawan, Y. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ACTIVE OBSERVATION AND FEEDBACK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11653–11656. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32743