ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD DALAM MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PULAU - PULAU KECIL PERBATASAN KABUPATEN KEPULAUAN ARU SD NEGERI SAMANG KABUPATEN KEPULAUAN ARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31766Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Kurikulum Merdeka, Guru SD, Kepulauan AruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik Guru SD dalam menghadapi Kurikulum Merdeka Belajar di Pulau-Pulau Kecil Perbatasan Kabupaten Kepulauan Aru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan sumber data lima guru di SD Negeri Samang, Kabupaten Kepulauan Aru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru di SD Negeri Samang masih belum memadai. Dari 16 aspek yang diamati, banyak kriteria yang tidak terpenuhi, seperti pemahaman teori sastra, pemecahan masalah matematika, observasi gejala alam, dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, kurangnya jumlah guru menyebabkan waktu pengajaran yang tidak optimal dan pembelajaran yang tidak terkontrol. Desain RPP yang dibuat oleh guru juga menunjukkan hambatan dalam penguasaan teknologi dan modul pembelajaran. Secara keseluruhan, kompetensi pedagogik guru di SD Negeri Samang perlu ditingkatkan untuk mencapai implementasi yang efektif dari Kurikulum Merdeka. Hambatan utama meliputi keterbatasan sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi, dan penyediaan modul pembelajaran. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya dukungan lebih lanjut dalam pengembangan profesional guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil.References
Daga (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075– 1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.12 79
Insani, F.D. 2019. Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. AsSalam I, vol 8 (1).
Kemdikbud RI. (2022). Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia Untuk Daerah;Rapor Pendidikan, Identifikasi, Refleksi, Benahi. Jakarta: Kemdikbud RI
Kemdikbud RI. (2022). Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia Untuk Satuan Pendidikan; Rapor Pendidikan, Identifikasi, Refleksi, Benahi. Jakarta:KemdikbudRI
Marisa. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfah, J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru : Melalaui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik,. Jakarta: Kencana.
Nugrahani (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, 1(1), 305.
Raharjo. 2020. Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif, vol 15 (1).
Rukin, S. P. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Shofiyah, S. (2018). Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 122–130. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.4 64 Suhadi (2021). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Susilo (2019). Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Susilo, 1, 1–13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hediaty La Sitiman, Sumarah Suryaningrum, Bintang Lony Vera Victory, Fridolin V. Borolla, Usman Tuna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.