PERAN ORANG TUA DALAM MENGATASI ANAK PUTUS SEKOLAH DI FAKAL KABUPATEN BURU SELATAN

Authors

  • Mila Soselisa Insitusi Agama Kristen Negeri Ambon
  • Antoniat Duha Insitusi Agama Kristen Negeri Ambon
  • Samel Sopacua Insitusi Agama Kristen Negeri Ambon
  • Yance Z. Rumahuru Insitusi Agama Kristen Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31268

Keywords:

Peran Orang Tua, Anak Putus Sekolah, Usia Sekolah.

Abstract

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam mengatasi anak putus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran orang tua dalam mengatasi anak putus sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian sebanyak 6 orang yaitu 2 orang anak dan orang tuanya, 2 orang anak SMP beserta orang tuanya dan 2 orang anak SMA beserta orang tuanya, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua diantaranya sebagai pendidik, orang tua sudah melakukan perannya seperti (afektif, kognitif, dan psikomotorik) dengan baik, peran orang tua sebagai pengasuh anak, orang tua sudah melakukan perannya seperti (afektif, kognitif, dan psikomotorik) dengan baik, peran orang tua sebagai pengasuh anak, orang tua sudah melakukan perannya seperti (afektif, afektif psikomotorik) dengan baik, peran orang tua sebagai motivator, orang tua sudah melakukan perannya namun masih belum maksimal dalam memberikan motivasi seperti nasehat, teguran, pujian dan hadiah sebagai bentuk motivasi agar anak termotivasi untuk melanjutkan sekolah, orang tuanya memberikan dukungan moril dan motivasi namun tidak secara materi. Dan dalam from of providing facilitator, orang tua memberikan fasilitas belajar yang masih kurang memadai, artinya belum adanya penyediaan fasilitator yang dapat menunjang prestasi pendidikan anaknya, sehingga dari hasil penelitian orang tua belum maksimal dalam perannya sebagai fasilitator.

References

Hasbullah, (2009), Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mahmud, (2011), Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Nawawi, Hadari. (2012), Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Universitiy press.

Rifa’i, Muhammad. (2011), Sosiologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.Scott, John. (2013), Sosiologi The Key Concepts. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soekanto, soejono. (1992),sosiologi keluarga. jakarta: PT Rineka Cipta. Santrock,

John.w. (2003), Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Syafei, M. Sahlan. (2002), Bagaimana Anda Mendidik Anak. Bogor: Ghalia Indonesia Libertyika,2012.http://blogspot.co.id/2012 /10/peran-orang-tua-dalam menumbuhkan-motivasi-belajaranak.html?m=1 (diakses pada tanggal 18 November 2017).

Downloads

Published

2024-07-07

How to Cite

Soselisa, M. ., Duha, A. ., Sopacua, S. ., & Rumahuru, Y. Z. . (2024). PERAN ORANG TUA DALAM MENGATASI ANAK PUTUS SEKOLAH DI FAKAL KABUPATEN BURU SELATAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9442–9450. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31268