DILEMA DIGITAL DALAM ORGANISASI PENDIDIKAN (SUATU KAJIAN ETIKA MEDIA SOSIAL)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29866Keywords:
Dilema Digital, Etika, Media Sosial, Organisasi PendidikanAbstract
Realitas transformasi digital organisasi pendidikan, pada praktiknya, ternyata menghasilkan pelbagai dilema etis yang tak terhindarkan. Di satu sisi media sosial berguna untuk mengembangkan dan menyebarkan identitas organisasi pendidikan, tetapi di sisi lain, apabila pengelolaanya tidak tepat, malah akan memicu krisis dalam organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis dilema etis terkait dengan penggunaan media sosial dalam organisasi pendidikan, dan menawarkan beberapa solusi berupa navigasi etis untuk menghadapi dilema etika di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode literature review dalam bentuk studi kepustakaan (library reasearch) sebagai bagian dari pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa dilema etika yang dihadapi dalam penggunaan media sosial adalah dilema peran, dilema tempo, dilema integritas, dilema pidato, dan dilema kompetensi. Selanjutnya, penerapan prinsip etika dan navigasi etis di media sosial dipertimbangkan sebagai solusi. Navigasi etis yang dimaksud adalah pertimbangan segi hukum, identitas, moralitas, reputasi, ekonomi, dan etika. Upaya tersebut perlu dilengkapi dengan model kepemimpinan etis dan seimbang dalam organisasi pendidikan.References
Anwar, Fahmi. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, Vol. 1, No. 1, April 2017: hlm. 137 – 144.
Arta Citra Novie Deddy, dkk. (2023). Literature Review: Analisis Hubungan Antara Pelatihan dan Kinerja Karyawan di Sebuah Perusahan. Management Studies and Enterpreneurship Journal, Vol. 4 (1) 2023: 162 – 168.
Bertens, Kees. (2007). Etika (Seri Filsafat Atma Jaya: 15). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Dewantara, Agustinus W. (2017). Filsafat Moral Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. Yogyakarta: Kanisius.
Firmansyah Deri, Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dan Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), Vol. 1, No. 2, 2022:85 – 114.
Hadi Faisol Nanang, Afandi Kholik Nur. (2021). Literature Review is A Part Of Research. Sultra Educational Journal (Seduj), Vol. 1, No. 3, Desember 2021: 64 – 71.
Hasibuan, Abdurrozzag. (2017). Etika Profesi, Profesionalisme Kerja. Medan: UISU Press.
Kaplan A.M., Haenlein, M. (2010). Users Of the World, Unite! The Challenges and Oportunities of social media. Busines Horizon, 53 (1), 59 – 68.
Kvalnes, Oyvind. (2020). Digital Dilemmas Exploring Social Media Ethics in Organizations. Swiss: Palgrave Macmillan.
Quesenberry, Keith A. (2019). Social Media Strategi, Marketing, Advertising, and Public Relations in Consumer Revolution. Maryland: Rowman & Littlefield Publishing Group, Inc.
Rayhaniah, Sri Ayu, et.al. (2021).Etika dan Komunikasi Organisasi. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Rofahan, A., Muhajir, A., Nugraha B. S., & Wisnuadji, H. (2014). Media Sosial Masa Depan Media Komunitas?. Yogyakarta: Combine Resource Institution (CRI).
Tim Pusat Humas Kementrian Perdagangan RI. (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan RI. Jakarta: Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Stief Aristo Walewangko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.