PENDEKATAN PEDAGOGIK DALAM MENINGKATKAN POPULARITAS SEKOLAH : PERAN KEPEMIMPINAN PEDAGOGIS KEPALA SEKOLAH DI SMA NURUL HUDA TEMPILANG

Authors

  • M Hafizh Eliansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anisa Thowiyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dian Herdiana Utama Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29857

Keywords:

Promosi Sekolah, Strategi, Kepala Sekolah

Abstract

SMA Nurul Huda Tempilang menghadapi kendala dalam memasarkan sekolahnya, sehingga masyarakat kurang mengenal dan jumlah pendaftar calon siswa masih sedikit. Faktor pendukung rekrutmen siswa baru mencakup sarana dan prasarana yang memadai serta dukungan dari pihak sekolah. Terdapat hambatan seperti rendahnya minat calon siswa dan pemanfaatan website yang belum optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teori Miles dan Huberman (1992 :16), yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kepala sekolah sebagai informan kunci, serta bidang Humas dan Panitia PPDB sebagai informan pendukun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi rekrutmen siswa baru sudah baik, dengan perumusan visi, misi, dan tujuan yang jelas. Langkah-langkah untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan rekrutmen juga sudah dilakukan. Meski demikian, tantangan masih ada dalam meningkatkan efektivitas rekrutmen dan memperkenalkan sekolah lebih luas. Pendekatan pedagogik mempunyai peran penting dalam meningkatkan popularitas SMA Nurul Huda Tempilang melalui penciptaan lingkungan belajar yang inspiratif, pengembangan kurikulum yang relevan, fasilitasi pengembangan profesional guru, dan pembangunan kemitraan dengan masyarakat, kepala sekolah dapat mengarahkan sekolah menuju prestasi yang gemilang dan citra yang positif di mata masyarakat.

References

Arikunto, Suharsimi (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teori dan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Ara Hidayat dan Imam Machali, (2010),”Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah”, Bandung: Pustaka Educa.

Ahmad, (2020), Manajemen Strategi,Makassar: CV. Nas Media Pustaka

Arbangi, Dkk, (2016), Manajemen Mutu Pendidikan Jakarta : Kencana

Fullan, M. (2003). The Moral Imperative of School Leadership. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Goleman, D. (2000). Leadership That Gets Results. Harvard Business Review, 78(2), 78-90.

Sumanto, (2013) “Pengantar Opersional Aministrasi Pendidikan”, Surabaya:Usaha Nasional

Nia Deniyati,(2017),“Manjemen Rekrutmen Peserta Didik”, jurnal Islamic Education Manajemen Vol. 2 No. 2.

Prihatin, Eka, (2014), Manajemen Peserta Didik, Bandung: Alfabeta

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia,(2011),”Manajemen Pendidikan”, Bandung:Alfabeta.

Margono, (2014),Metodologi Penelitian Pendidikan,Jakarta:PT. Rineka Cipta

Widya Astuti Permana, (2020), Manajemen Rekrutmen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan, Jurnal Islamic Education Manajemen, Vol.5, No.1.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Eliansyah, M. H. ., Thowiyah, A. ., & Utama, D. H. . (2024). PENDEKATAN PEDAGOGIK DALAM MENINGKATKAN POPULARITAS SEKOLAH : PERAN KEPEMIMPINAN PEDAGOGIS KEPALA SEKOLAH DI SMA NURUL HUDA TEMPILANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7729–7739. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29857