PENGARUH NEED FOR ACHIEVEMENT TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS PATOMPO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29746Keywords:
Need for Achievement, Minat Berwirausaha.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh need for achievement terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Patompo. Populasi penelitian terdiri dari seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Patompo yang sudah mempelajari mata kuliah kewirausahaan, yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas VIIA dengan 10 orang mahasiswa dan kelas VIIB dengan 25 orang mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini sekaligus dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu 35 orang mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Penelitian ini memperoleh persamaan regresi dengan nilai signifikasi 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dengan uji t hitung 9,390 > 1,692. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh need for achievement terhadap minat berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Patompo. Nilai RSquare adalah 0,728 sehingga sekitar 72,8% dari variasi dalam minat berwirausaha dapat didistribusikan atau dijelaskan oleh variabel need for achievement, dengan kata lain variabel independen dalam model ini memiliki implikasi dan dapat memberikan wawasan bagi pengambil kebijakan dan pendidik untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam mengembangkan minat dan keterampilan berwirausaha di lingkungan akademis.References
AAmondt. (2018). Need For Achievement. Bandung: CV. Yrama Wisya.
Achievia Shofani Ridha, M. K. (2023). Faktor Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Tata Busana Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Di Smkn 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2711-2719.
Collins, C. &. (2004). The Relationship of Achievement Motivation to Entrepreunerial Behaviour: A Meta Analysis Human Performance. Research Gate, 95-117.
Ghozali, I. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BPFE UNDIP.
Hardinata. (2018). Need for Achievement. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Indarti, N. d. (2003). Determinants of Entrepreurial Intention. The case of Norwegian Students. Gajah Mada International Journal of Business.
Juaini, M. R. (2015). Analisis Pengaruh Locus Of Control, Self-Efficacy Dan Need For Achievement Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa . Jurnal Education, 131-146.
McClelland, D. (1988). Human Motivation. New York: Cambridge University Press.
Mourao, P. S. (2020). Testing McClelland at the Academy : An Analysis of Entrepreunerial Behavioral Characteristic. Sustainability, 2-16.
Rahmidani, C. F. (2022). Pengaruh Locus Of Control dan Need For Achievement Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Siswa MAN 1 Kota Payakumbuh. Jurnal Salingka Nagari, 188-197.
Rodiana Marpaung, H. F. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 1513-1521.
Sengupta, S. K. (2000). Need for achievement and entrepreneurial success: a study of entrepreneurs in two rural industries in West Bengal. The Journal of Entrepreneurship.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tong, T. d. (2011). Factor Influencing Entrepreunerial Intention Among University Student. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 487-496.
Widjaja, Y. I. (2019). Pengaruh Need For Achievement Dan Self-Efficacy Terhadap Entrepreneurial Intention Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi . Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 374-382.
Zimmerer, W. (2002). Essentials of Entrepreneurship and Small Business. Third Edition. New York: Prentice-Hall.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Musdalifah Musdalifah, Sitti Marlina, Ardianto Sengo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.