KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK PADA INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr DORIS SYLVANUS KALIMANTAN TENGAH

Authors

  • Ady Fraditha Universitas Muhammadiyah,Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29705

Keywords:

Komuniasi, Keterbukaan, Empati, Dukungan , Rasa Positif dan Kesetaraan

Abstract

Komunikasi Kesehatan sangat penting dalam pelayanan Kesehatan, seorang profesional dalam bidang Kesehatan seperti dokter, perawat, bidan, laboran, ahli gizi, apoteker, dan profesi kesehatan lainnya atau yang lazim dikenal sebagai tenaga kesehatan dan juga administrasi rumah sakit dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam melakukan tugas, khususnya pada saat memberikan asuhan kepada pasien. Selain tenaga Kesehatan pasien juga harus mampu berkomunikasi untuk memberikan informasi yang benar tentang kondisi kesehatannya agar proses pemberian asuhan dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji komunikasi pegawai di Rawat Jalan RSUD dr Doris Sylvanus dalam  pelayanan publik bagaimana  dampaknya terhadap kepuasan pasien RSUD dr Doris Sylvanus Dalam penelitian ini,menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pasien yang  sedang  atau  pernah  menjalani  perawatan  RSUD dr Doris Sylvanus.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  hasil wawancara dengan responden sebagian  besar pasien merasa kominukasi yang dilakukan petugas kesehatan maupun petugas administasi di rawat jalan RSUD dr Doris Sylvanus sangat baik memberikan komunikasi empati, dukungan, rasa positif dan kesetraan. Akan tetapi ada indicator yang belum menunjukan sikap komunkasi yang masih kurang yaitu komunikasi dalam indicator keterbukaan , yaitu kurang terbukanya informasi yang di berikan oleh petugas kesehatan mengenai jam kunjung dokter di poliklinik sehingga pasien masih menunggu lama dan waktu tunggu obat yang lama tidak ada komunikasi antara petugas kesehatan mengenai lama tunggu obat. Hasil  penelitian  ini  dapat menjadi masukan berharga bagi RSUD dr Doris Sylvanus dalam meningkatkan komunikasi dalam pelayanan publik dan pengalaman pasien untuk mencapai standar yang lebih tinggi.

References

Bungin, Burhan. 2006. Metode Penelitian Kualitataif, PT. Raja Grafindo. Jakarta.

Cangara, Hafied. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan Kedua. PT. Raja Grafindo Persada.

Devito, Joseph A. 2011. The Interpersonal Communication Book (Fifth Edition).

Penerjemah Agus Maulana. 2011. Komunikasi Antar Manusia Edisi Kelima. Tangerang: Karisma Publishing Group

Djauzi, Samsuridjal, Supartondo. 2004. Komunikasi dan Empati, dalam Hubungan Dokter – Pasien, Jakarta: Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia

Effendy, Onong Uchjana. (2006). Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Edisi Kedua puluh. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Hardjana, A.M. 2003. Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal. Kanisius. Jakarta

Konsil Kedokteran Indonesia. (2006). Komunikasi Efektif Dokter-Pasien. Jakarta: KKI

Komalawati, Veronika, 2002, Peranan Informed Contsent Dalam Transaksi Terapeutik. Cipta Aditya Bakti. Bandung

Kurtz, S., Silverman, J. & Drapper, J. (1998).Pengajaran dan Pembelajaran Keterampilan Komunikasi dalam Kedokteran: Radcliffe Medical Press

Liliweri A. 1997. Komunikasi antar pribadi : PT Citra Aditya Bakti. Bandung.

Mardona Y. 2005. Hubungan dimensi mutu pelayanan dokter dan perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat Inap bedah RS dr. M. Djamil Padang.

Moleong, Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya; Bandung

Mulyana Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Nasution Rahmat. 2014. Komunikasi Efektif Dokter-Pasien. Informasi Komunikasi & Tehnologi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Fraditha, A. . (2024). KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK PADA INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr DORIS SYLVANUS KALIMANTAN TENGAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7545–7550. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29705