ISLAMIC EDUCATION CHALLENGES IN RESPONDING 21ST CENTURY

Authors

  • Muhammad Syafiq Mughni Institut Alif Muhammad Imam Syafi'i

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29343

Keywords:

Pendidikan Islam, Tantangan Abad 21

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian tentang tantangan dan peluang pendidikan islam abad 21. Masalah yang dihadapi pendidikan Islam abad 21 sangat kompleks, pendidikan harus dapat berkembang karena beban dan tanggung jawabnya ialah bagaimana cara ia menciptakan lulusan-lulusan yang sesuai di zamannnya. Penelitian ini berfokus pada lembaga pendidikan dan kurikulum. Pendekatan disiplin ilmu adalah pemecahan masalah melalui pendekatan teologis dan interdisipliner yang dimaksudkan dengan pemecahan masalah melalui ilmu-ilmu serumpun antara lain; filsafat pendidikan, psikologi, pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur sebagai dasar pengumpulan data. Salah satu ciri penelitian kualitatif adalah mengeksplorasi permasalahan secara cermat, dari berbagai buku dan jurnal yang berkaitan dengan tema, baik dari dalam maupun luar negeri, dan kemudian menganalisisnya. Artikel ini menghasilkan 1) wacana bahwa pendekatan disiplin ilmu dan interdisipliner mampu menyelesaikan problematika yang dihadapi pendidikan Islam di abad 21, 2) disiplin ilmu dan interdisipliner merupakan perpaduan konsep yang tidak dapat dipisahkan dalam menyelesaikan dan menghadapi problematika pendidikan Islam saat ini, 3) disiplin ilmu dan interdisipliner merupakan dua konsep yang tidak dapat dipisahkan dalam menyelesaikan problematika pendidikan Islam saat ini, 4) pendekatan disiplin ilmu dan interdisipliner merupakan dua konsep yang tidak dapat dipisahkan dalam menyelesaikan problematika pendidikan Islam saat ini.

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Mughni, M. S. . (2024). ISLAMIC EDUCATION CHALLENGES IN RESPONDING 21ST CENTURY. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7300–7310. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29343

Similar Articles

<< < 150 151 152 153 154 155 

You may also start an advanced similarity search for this article.