MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PELITA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28483Keywords:
Keterampilan Berpikir Kritis, Model PELITAAbstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan IPS di kelas V SDN Semangat Dalam 1 Barito Kuala. Hal ini disebabkan pembelajaran bersifat satu arah, siswa kurang aktif dan antusias dalam pemecahan masalah dan tidak menggunakan model pembelajaran bervariasi. Upaya untuk mengatasinya dengan menggunakan model PELITA. Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu empat kali pertemuan yang berjumlah 31, orang pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan dilakukan dengan pendekatan kualitatif, Data diperoleh melalui hasil observasi terhadap keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil menunjukkan adanya peningkatan dari berbagai segi aspek keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan I masih 42% meningkat pada pertemuan IV menjadi 90% dengan kriteria hampir seluruh siswa sangat terampil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pada pembelajaran IPS menggunakan model PELITA dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.References
Asni, Y., Tsuraya, A. S., & Abubakar, M. (2021). The Efectiveness Of Make A Match Method In Improving Students’Writing Skills. English Languege, Linguistics, and Culture International Journal, 1(3), 156-169
Budiarti, I.,&Airlanda, G. S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 167-183.
Fidiyanti, H. H. N. (2017). Effect Of Implementation Of Cooperative Learning Model Make A Match Technique On Student Learning Motivation In Social Science Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 104-114
Lase, D., Doringin, F., Tarigan, N. M., & Prihanto, J. N. (2020). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Industri Dan Rekayasa (JTIR), 1(1), 43–48.
Maksum, A., Widiana, I. W., & Marini, A.(2021). Path Analysis Of Self-Regulation, Social Skills, Critical Thingking and Problem-Solving Ability on Social Studies Learning Outcomes. International Journal Of Intruction, 14(3), 613-628.
Maman, M & Rajab A. (2016). The Implementation Of Cooperative Learning Model Number Heads Together (NHT) In Improving The Students A Bility In Reading Comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education IJERE. (Online), 5, 174-180
Noorhapizah, Nur’alim, Agusta, A. R., & Fauzi, Z. A. (2019). Menigkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menemukan Informasi Penting Dengan Kombinasi Model Directed Inquiry Activity (DIA), Think Pair Share (TPS) dan Scramble Pada Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasin. 5(2), 95–108.
Noorhapizah, Pratiwi, D. A., & Ramadhanty, K. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan SMART Model untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2).
Nugroho, A. Y., Hartono, H., & Sudiyanto, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 15-25).
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92-98.
Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, & Putra, I. (2020). Critical Thinking And Learning Outcomes Through Problem Based Learning Model Based On LBK Application. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(12), 907–918.
Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blanded Learning ANTASARI Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. JEE: Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90–110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maimunah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.