MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOKOMOTOR, NONLOKOMOTOR DAN MANIPULATIF MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN

Authors

  • Agung Alaska Universitas Negeri Surabaya
  • Arif Dwi Wahyudi Universitas Negeri Surabaya
  • Vega Candra Dinata Universitas Negeri Surabaya
  • Sandiko Sandiko Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28442

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Pendekatan Bermain.

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak dasar Lokomotor,Nonlokomotor dan Manipulatif. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mana dilakukan pada Dua tahap/siklus dengan sampel peserta didik kelas IX H yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 16 siswa dan 18 siswi. Teknik pengumpulan data yakni tes berupa soal pengetahuan, unjuk kerja berdasarkan proses pembelajaran aktivitas gerak dan juga teknik non tes berupa pengamatan sikap peserta didik pada saat pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, melalui pendekatan bermain ada peningkatan hasil belajar gerak dasar Lokomotor,Nonlokomotor dan Manipulatif yang dibuktikan melalui analisis pada pada siklus I diperoleh hasil rerata presentase keberhasilan sebesar 76% dan pada siklus II diperoleh hasil presentase keberhasilan sebesar 86,9%.

References

Kurnia, D & Septiana, R.A. (2020).Implementasi Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani. PAJU: Physical Activity Journal, 2(1), 90-99.

Dian Apriani. (2013). Penerapan Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B RA Al Hidayah 2 Tarik Sidoarjo. PAUD Teratai, 2(1), 1–13. Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/38/Article/View/35822%0Ahttps://Jurnalmahasisw

A.Unesa.Ac.Id/Index.Php/38/Article/Download/35822/31862

Ahmad Akhnaf Amanullah, Muhamad Syafei, & Indra Jati Kusuma. (2022). Latihan Rope Jump: Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kemampuan Shooting Sepakbola. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(2), 133–140. Https://Doi.Org/10.46838/Spr.V3i2.215

Al-Farrasta, T. S. (2023). JPO: Jurnal Prestasi Olahraga Survei Penilaian Pembelajaran Keterampilan Pjok Pada Masa Pasca Pandemi Covid-19 Di Smp Laboratorium Universitas Negeri Malang. Jpo, 6, 85–90.

Dian Apriani. (2013). Penerapan Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B RA Al Hidayah 2 Tarik Sidoarjo. PAUD Teratai, 2(1), 1–13. Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/38/Article/View/35822%0Ahttps://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/38/Article/Download/35822/31862

Indonesia, P. R., Presiden, K. K., Indonesia, R., Presiden, K. K., Indonesia, R., Terpadu, P. E., Daerah, B. K., Presiden, P., Indonesia, R., Presiden, K. K., Indonesia, R., & Daerah, P. O. (1991). Presiden Republik Indonesia. 2010(1), 1–5.

Merta, N. L. S. (2022). Penerapan Latihan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Siswa. Journal Of Education Action Research, 6(3), 333–340. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V6i3.49546

Muliyani, S. E., Hulfian, L., Isyani, I., Primayanti, I., & Yundarwati, S. (2019). Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiahpenelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Open Journal System (OJS) Pada Guru MGMP Olahraga Lombok Timur. Abdi Masyarakat, 1(1), 1–5. Https://Doi.Org/10.58258/Abdi.V1i1.905

Puspitasari, D., Christina Yuli Hartati, S., Profesi Guru Prajabatan PJOK, P., Pendidikan Sertifikasi Profesi, L., Negeri Surabaya, U., Timur, J., Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, P., Manukan Wetan, S. I., Surabaya, K., Kunci, K., Belajar, H., Dasar Motorik, G., & Bermain, P. (2023). SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Motorik Melalui Penerapan Pendekatan Bermain Info Artikel (Vol. 4). Http://Jurnal.Icjambi.Id/Index.Php/Sprinter/Index

Rejeki, H. S., Tadulako, U., Gerak, P., & Lokomotor, D. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar. Jurnal Penjaskesrek, 8(2), 218–232. Https://Ejournal.Bbg.Ac.Id/Penjaskesrek/Article/View/1655/1296

Sesfao, A. (2018). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas VII-G SMP Negeri 14 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 5(3), 1–6.

Studi, P., Jasmani, P., Rekreasi, K., & Kristen, U. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Calon Guru Pendidikan Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Latihan Terbimbing. 7, 27336–27343.

Subahtiar. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Bermain Lompat Tali Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PJOK Tentang Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V SD 3 Gulang Mejobo Kudus Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Bhakti Pendidikan Indonesia, 3(2), 112–126.

Downloads

Published

2024-05-18

How to Cite

Alaska , A., Wahyudi, A. D. ., Dinata, V. C. ., & Sandiko, S. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOKOMOTOR, NONLOKOMOTOR DAN MANIPULATIF MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5938–5945. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28442