KONSEP TADIB MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH

Authors

  • Fikran Shafa Alam Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28041

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa adanya peningkatan proses hasil belajar forehand drive dalam permainan  tenis meja “melalui modifikasi dinding pantul” pada siklus I, setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik forehand drive dalam permainan tenis meja masih rendah. Dari 36 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 20 orang siswa (55,55%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 16 orang siswa (44,45%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 69,91.Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Ternyata dari 36 orang siswa, terdapat 32 orang siswa yang tuntas (88,88%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 4 orang siswa (11,12%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 77,08.Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan modifikasi dinding pantul dapat meningkatkan hasil belajar forehand drive dalam permainan  tenis meja pada siswa kelas VIII-B MTsN Aek Natas Kabupaten Labuhan Batu Utara T.A. 2022/2023.

References

Abdussalam, A. (2017). Pembelajaran Dalam Islam. Yogyakarta: Maghza.

al-Attas, M. N. (1995). Prolegomena To The Metaphysics of Islam. Kuala Lumpur: ISTAC.

al-attas, M. N. (2002). Ma'na kebahagiaan dan pengalamannya dalam Islam. Kuala Lumpur: ISTAC.

al-Attas, S. M. (1993). Islam And Secularism. Kuala Lumpur: ISTAC.

al-Attas, S. M. (2010). Islam dan Sekularisme. Bandung: PIMPIN.

Al-attas, S. M. (2019). The Concept of Education in Islam. Kuala Lumpur: Ta'dib Internasional.

Ardiansyah, M. (2020). Konsep Adab syed Muhammad Naquib al-Attas dan Aplikasinya di Perguruan Tinggi. Depok: Yayasan Pendidikan Islam at-Taqwa.

Avest, I. T. (2022). Introduction to Special Issue: Islam and/in Education in the world. Journal Religions, 1-12.

Bakar, A. (2018). Psikologi Transpersonal. Jurnal Madania, 162-180.

Djamaluddin, A. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kaafah Learning Center.

Dolong, J. (2016). TEKNIK ANALISIS DALAM KOMPONEN PEMBELAJARAN. Jurnal al-Islam, 293-300.

Gasenbeek, B. (2016). The Secularisation Of Religious Education: Humanism, Religion And Worldview Education. Journal of Beliefs & Values , 186-200.

Hakim, M. D. (2020). Pendidikan Islam dalam Perspektif Syed Naquib Al-Attas dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Islamika, 46-62.

Harimansyah, S. (2019). Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam. Jurnal al-Islam, 247-259.

Haris, M. (2015). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. H.M Arifin. Jurnal Ummul Qura, 1-19.

Hidayat, T. (2018). Menggagas Pendidikan Islami: Meluruskan Paradigma Pendidikan Di Indonesia. Jurnal JPII, 75-91.

Husaini, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasi Ta'dib. Jurnal Tsaqafah, 371-394.

Imroatun. (2020). SEJARAH PERISTILAHAN TARBIYAH DAN TAKLIM. Jurnal Ilmu Keislaman, 163-176.

Indonesia, P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Ismail, S. (2017). Kritik Terhadap Sekularisme (Pandangan Yusuf Qardhawi). Jurnal Kontekstualita, 101-126.

Jama'ah, I. (2018). Tadzkiratu Sami' wal Mutakalim. Kairo: dar al-amiyah.

Lailatul, M. (2019). Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidkan Islam. Jurnal At-tafkir, 23-36.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sunderman, 28-43.

Majid, A. N. (2022). Landasan Filosofis Pendidikan Akhlak Al-Ghazali. Jurnal Fakta, 1-12.

Mannion, G. (2020). Re-assembling environmental and sustainability education: orientations from New Materialism. Journal of Environmental Education Research, 1353-1372.

Mubarok, M. (2020). Ilmu Dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Kontemplasi, 22-38.

Muliati, M. (2016). Al-Ghazali Dan Kritiknya Terhadap Filosof. Jurnal Aqidah-ta, 77-86.

Munawwarah, H. (2021). Pendidikan Karakter Perspektif Aliran Filsafat Behaviorisme. Jurnal Golden Age, 71-82.

Muttaqin, A. (2021). Gagasan Studi Agama Terapan Dalam Bingkai Kampus Merdeka. Jurnal Sosiologi Agama, 171-191.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada.

Niemi, K. (2018). Drawing a line between the religious and the secular ; the cases of education. Journal of Beliefs & Values, 1-13.

Nizar, S. (2016). Konsep Dasar Dan Komponen Pembelajaran Pai. Jurnal Qathruna, 117-134.

Nur’Aini. (2020). At-Tarbiyah Sebagai Konsep Pendidikan Dalam Islam. Jurnal Inovatif, 88-104.

Nurrohmah, M. R. (2020). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran dan Pendidikan Barat. Jurnal Attractive, 34-44.

Qowim, A. N. (2020). Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal IQ, 7-31.

Rahmat, M. (2016). Pendidikan Insan Kamil. Bandung: Celtics Press.

Ramadhan, W. (2022). MATERIALISME DAN ISLAM. Jurnal Nizham, 110-121.

Rechter, E. (2020). Religious and secular roads to justify wrongdoing: How values interact with culture in explaining moral disengagement attitudes. Journal of Research in Personality, 1-12.

Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta'lim dan Ta'dib dalam al-Qur'an. Jurnal Nazhruna, 37-60.

Saadah, E. (2019). Hakikat Materi Pendidikan Islam. Jurnal Lentera, 12-30.

Saputra, I. (2017). Konsep Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Jurnal at-tadzkiyyah, 231-251.

Sassi, K. (2018). Ta’Dib As A Concept Of Islamic Education Purification. Journal Malay Islamic Studies, 53-63.

Stenmark, M. (2022). Worldview studies. Journal Religious Studies, 564-582.

Stolz, J. (2020). Journal Secularization theories in the twenty-first century. Social Compass, 1-27.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, A. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 113-126.

Syah, A. (2018). Term Tarbiyah, Ta'Lim Dan Ta'Dib Dalam Pendidikan Islam: Tinjauan Dari Aspek Semantik. Jurnal Al-Fikra, 138-150.

Syahidin. (2009). Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Quran. Bandung: Alfabet.

Syihabuddin. (2014). Struktur Ilmu Pendidikan Islam. Model Pembelajaran Islam, 1-68.

Tafsir, A. (2004). Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Mimbar Pustaka.

Tambak, S. (2014). Konsep Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Thalén, P. (2020). Teaching Secular Worldviews in a Post-Secular Age. Journal Religion & Education, 1-13.

Ulum, M. (2020). Spiritualitas Dalam Pendidikan Islam Dalam Pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Jurnal Al-Iman, 1-21.

Zarkasy, H. F. (2013). Worldview Islam dan Kapitalisme Barat. Jurnal Tsaqafah, 15-38.

Zed. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor.

Downloads

Published

2024-05-09

How to Cite

Alam, F. S. . (2024). KONSEP TADIB MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28041