PENGARUH MODEL PJBL BERBASIS STEM BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PEMBELAJARAN IPAS

Authors

  • Deananda Berliana Agustin Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Achmad Fanani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28040

Keywords:

PJBL, STEM, Media PhET, IPAS

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi nilai-nilai pancasila. Dengan penerapan strategi proyek kolaboratif siswa dapat berpartisipasi aktif, saling melakukan interaksi dan melakukan kolaborasi serta dapat menarik minat siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan strategi proyek kolaboratif pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi nilai-nilai Pancasila dalam aktivitas guru, siswa dan respon siswa setelah pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitian ini observasi aktivitas guru dan siswa, angket respon siswa dan wawancara untuk menguatkan hasil observasi serta angket. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan strategi proyek kolaboratif pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi nilai-nilai Pancasila untuk siswa kelas IV efektif, dibuktikan pada aktivitas guru dan siswa, diperkuat melalui hasil wawancara guru dan siswa, serta angket respon siswa setelah proses pembelajaran mendapatkan hasil yang baik dan dapat menarik minat siswa dalam belajar.

References

Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto, T. (2019). MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 73. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1910

Aini, M., Ridianingsih, D. S., & Yunitasari, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Stemterhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 247–253. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.118

Devi, S., Irianto, A., & Rusminati, S. H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berbasis STEM dalam Materi Bangun Ruang Matematika Kelas 5 SD Hang Tuah Juanda. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2)(2), 3786–3790.

Diraya, I., Budiyono, A., Triastutik, M., Madura, I., Ponpes, J., Ulum, M., & Pamekasan, B. (2021). Contribution of Virtual Lab Phet Simulation to Help Basic Physics Kontribusi Virtual Lab Phet Simulation untuk Membantu Praktikum. 11(1), 45–56.

Fanani, Achmad, Khasanah, N. R., & Atnuri. (2020). Pengaruh Crossword Puzzle Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 41–48. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2756

Fanani, A., Rosidah, C. T., Juniarso, T., Roys, G. A., Putri, E. S., & Vannilia, V. (2022). Bahan Ajar Digital Berbasis Multiaplikasi Mata Pelajaran IPAS SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1175–118. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1175-118

Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. In Universitas Terbuka (Vol. 9, Issue 1). http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76

Firdaus, A. R., & Rahayu, G. D. S. (2019). Effect of STEM-based Learning on the Cognitive Skills Improvement. Mimbar Sekolah Dasar, 6(2), 198. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i2.17562

Galuh Rahayuni. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146.

Halim, A. (2022). Kemampuan abad 21. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3, 404–418.

Hrp, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran.

Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1776

Kamila, A. U., Rahmawati, R. G., & Jumadi. (2021). Development of Worksheet Based on STEM-PBL with PhET Simulation to Improve Student’s Problem Solving During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020), 541(Isse 2020), 557–562. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.080

Kemendikbud. (2023). Pisa 2022 dan pemulihan pembelajaran di indonesia 5.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Kusumastuti, F. A., Rombot, O., & Ariesta, F. W. (2019). The effect of stem integration on primary school students’ scientific literacy. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 1551–1553.

Maulana, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika Siapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 39–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.678

Pantiwati, Y., & Permana, F. H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kualitas Media Pembelajaran Buatan Mahasiswa Application of Project-Based Learning Model to increase Understanding and Quality of Student-Made Learning Media. 13, 9–14.

Rachmadtullah, R., Azmy, B., Susiloningsih, W., Rusminati, S. H., & Irianto, A. (2021). Media Pembelajaran Teamatik Berbasis TIK: PKM Bagi Guruu SD Hang Tuah X Sedati. Kanigara: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 137. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i2.1692

Rahardhian, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Pjbl Berbasis Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1. https://doi.org/10.26418/jippf.v3i1.50882

Riko Ariyanto1, Tri Wardati Khusniyah2, S. S. (2022). The Influence of Using PhET Virtual Laboratory on Elementary Students’ Science Learning Outcomes on the Subject of Electrical Circuits. 6.

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: SIMULASI INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103

Safira, C. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277

Sari, A. C., Kartikawati, S., & Prastyaningrum, I. (2021). Pengaruh Model pembelajaran Gallery Walk Melalui Pemanfaatan Media PhET Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 6(1), 1–6. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JUPITER/article/view/8921

Sari Nurza, U. M., Suyanti, R. D., & Dewi, R. (2021). Effect of Inquiry Learning Model on Science Process Skills and Critical Thinking Ability in Human Movement Organs in Class v Public Elementary School 050666 Lubuk Dalam Stabat. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1811/1/012097

Siswati, S. (2022). Merdeka Belajar: Menciptakan Siswa Bernalar Kritis, Kreatif Dan Mandiri. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru …, 2, 289–296. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/594

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Sumaya, A., Israwaty, I., & Ilmi, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal of Education, 1(2), 217–223.

Umiliya. (2023). The Effectiveness of the Application of PhET with Inquiry Learning Model to Improve Understanding of the Concept. 7(2), 82–92.

Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561

Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., Haqqi, T. A. F., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.54082/jupin.39

Downloads

Published

2024-05-09

How to Cite

Agustin, D. B. ., & Fanani, A. . (2024). PENGARUH MODEL PJBL BERBASIS STEM BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PEMBELAJARAN IPAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5402–5410. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28040