PENGARUH KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN PEMBELAJARAN TEORI BRUNER PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 1 SEI BINGAI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27895Keywords:
Pengaruh, Kemampuan Representasi Matematis, Pembelajaran Teori BrunerReferences
Absorin, A., & Sugiman, S. (2018). Eksplorasi Kemampuan Penalaran Dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 189–202.
Ahyar, H., Andriani, H., & Sukmana, D. J. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Aisyah, A. S. N., & Madio, S. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Pendekatan Konstekstual dan Matematika Realistik. Matematika, 1, 363–372..
Alfateza, R. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipadi Sd It Ummi Kota Bengkulu. Skripsi. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10098%0Ahttp://repository.iain bengkulu.ac.id/10098/1/SKRIPSI RAHMA ALFATEZA NIM 1811240024.pdf
Amalia, A., Happy, N., & Purwosetiyono, F. X. D. (2021). Profil kemampuan representasi siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA , 11(1), 15–28.
Arif, 2008.”Jerome Bruner : Belajar Penemuan”. (online) BelajarPenemuan.html. Diakses tanggal 23 November 2017
Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rhineka Cipta
Bruner, J.S. (1997). The Process of Education. London: Harvard University Press
Desiana, D. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian keirsey (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Paradigma pembeelajaran kurikulum 2013. Yogyakarta: Kalimedia.
Hafriani. (2021). mengembangkan kemampuan dasar matematika siswa berdasarkan nctm melalui tugas terstruktur dengan menggunakan ict (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT). In Jurnal Ilmiah Didaktika (Vol. 22, Issue 1).
Handayani, H. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Siswa Pada Materi Volume Kubus dan Balok di SDN Manangga Kabupaten Sumedang. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 3(1), 48.
Jogiyanto Hartono, M. (Ed.). (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 347–354. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6517
Lestari, K.E, Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.
Lette, I., & Manoy, T. (2019). Representasi Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(3), 53–58.
Lisarani, V., & Quhar, A. (2021). Representasi Matematis Siswa SMP Kelas 8 dan Siswa SMA Kelas 10 dalam Mengerjakan Soal Cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 3, 1–7.
Loka Son, A. (2019). Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Gema Wiralodra, 10(1), 41–52.
Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8.
Maryam, S., & Rosyidi, A. H. (2018). Representasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 74–79.
Mazilah, Utami, C., & Nirawati, R. (2020). Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ditinjau Dari Teori Bruner Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas VIII Mts Ushuluddin Singkawang. JPMI Volum 5 Nomor 2.
Nazarullah. 2016. Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Open Ended Pada kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Baru. Jurnal. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam- Banda Aceh
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. USA: Association Drive, Reston.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Pasehah, A. M., & Firmansyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 1094–1108.
Pebriyani, N., Nasihin, D., Meika, I., Poppy Yaniawati, R., Firmansyah, E., & Studi Pendidikan Matematika, P. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal PJME, 10(1), 18–24.
Purnomo, F. S. (2022). Teori Belajar Bruner dan Keterampilan Membaca Pemahaman. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46-50.
Rahayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Deskripsi kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal pada materi segi empat. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 69–80. Retrieved from
Rahman, I. M., Darmawan, P., Prayekti, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 50-56
Rahmatillah, Nufus, H., Wulandari, Nuraina, & Listiana, Y. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Limit Fungsi Aljabar. 3, 48–58.
Sabirin, M. (2018). Representasi Dalam Pembelajaran Matemati. Jurnal Pendidikan Matematika, 01(02), 33–44.
Sanjaya, I. I., Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumfrod. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 72.
Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439–450.
Shofiyani, A., Aisa, A., & Sulaikho, S. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik di MI Al-Asyari’ah Jombang. Al-Lahjah, 5(2), 22-31.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Sufyana, S. (2015). Efektivitas Penerapan Teori Belajar Bruner Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Malangke Kabupaten Luwu Utara (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulastri. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dengan Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Vol. 10. No. 1 hal. 51-69
Sundari & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda, 3(2), 128-136.
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 34–38.
Syafitri, A., Theis, R., & Iriani, D. (2021). analisis kesulitan kemampuan representasi matematis siswa ekstrovert dalam menyelesaikan soal matematika pada materi aljabar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 16.
Syafri, F. S. (2019). Pengaruh kemampuan representasi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(May), 49–55.
Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342-351.
Ulfaa, F. M., Asikin, M., & Dwidaati, N. K. (2019). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dengan Pembelajaran PjBL Terintegrasi Pendekatan STEM. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 4(2), hal.614.
Umaroh, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam mengerjakan soal PISA ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 40–53. Retrieved from
Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., & Safitri, T. (2020). Teori Brunner Pada Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 327-349.
Yanti, R. A., Nindiasari, H., & Ihsanudin. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dengan Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 245–256.
Yuniarti. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Se-Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 2 (9): 911-921.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dame Ifa Sihombing, Lolyta Damora Simbolon, Enjeli Ratna Sari Ndruru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.