THE EFFECT OF PADLET APLICATION ON TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT IN TEN THE GRADE AT SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27764Keywords:
Aplikasi media Padlet, Keterampilan Menulis, Teks DeskriptifAbstract
Penelitian ini fokus untuk mengetahui Pengaruh media Point, Ilustrasi, Penjelasan Aplikasi Padlet terhadap kemampuan menulis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan media Padlet berpengaruh sehingga mempengaruhi kemampuan menulis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kuantitatif eksperimen terapan. Sampel penelitian ini terdiri dari siswa kelas X SMA Rk Serdang Murni Lubuk Pakam. Peneliti mengambil kelas X-1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Aplikasi Padlet dan kelas X-2 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan metode konvensional atau tanpa menggunakan media aplikasi Padlet. Populasi penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiri dari kelas X. Peneliti mengambil dua kelas sebagai sampel secara acak untuk melihat pengaruh penerapan media Padlet terhadap pengembangan kemampuan menulis siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes tertulis berupa tes esai. Tes ini dibagi menjadi dua tes yaitu pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata nilai pre-test pada kelas eksperimen sebesar 43,76 dan nilai post-test sebesar 94,03. Rata-rata nilai pre-test kelompok kontrol sebesar 43,03 dan nilai post-test sebesar 61,66. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata skor pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hasilnya adalah thitung > ttabel dengan tingkat signifikansi p = 0,05 (2,85 > 1,70 ). Hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Inggris untuk menerapkan aplikasi Padlet sebagai media alat ajar untuk membantu keterampilan menulis siswa kelas X SMA Rk Serdang Murni Lubuk Pakam.References
Abas, I. H., & Abd Aziz, N. H. (2018). Model of the writing process and strategies of EFL proficient student writers: A case study of Indonesian learners. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 26(3), 1815–1842.
Anita Sitompul, Kammer Tuahman Sipayung, J. S. (1978). the Analysis of Reading Exercise in English Textbook.
Basonggo, H., Said, M. M., & Dewi, A. K. (2016). Developing Writing Skill of Grade VIII Students Through Personal Letter. Journal of English Language Teaching Society (ELTS), 4(1), 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/243210-none-42b02208.pdf
Brown, H. D. (2003). Language Assesment Principles and Classroom Practice. Pearson Longman, 324.
Chang, S.-C. (2011). A Contrastive Study of Grammar Translation Method and Communicative Approach in Teaching English Grammar. English Language Teaching, 4(2), 13. https://doi.org/10.5539/elt.v4n2p13
Fisher, C. D. (2017). Padlet: An Online Tool for Learner Engagement and Collaboration, Available at https://Padlet.comPadlet: An Online Tool for Learner Engagement and Collaboration, Available at https://Padlet.com. Academy of Management Learning & Education, 16(1), 163–165. https://doi.org/10.5465/amle.2017.0055
Fitria, T. N. (2022). Non-EFL Students’ Ability in Writing Simple Sentences of Descriptive Paragraphs. JETAL: Journal of English Teaching & Applied Linguistic, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.36655/jetal.v4i1.762
Fuchs, B. (2014). The Writing is on the Wall: Using Padlet for Whole-Class Engagement. LOEX Quarterly, 240(4), 7. https://uknowledge.uky.edu/libraries_facpubhttps://uknowledge.uky.edu/libraries_facpub/240
Haris, M., Yunus, M., & Badusah., J. (2017). the Effectiveness of Using Padlet in Esl Classroom. International Journal of Advanced Research, 5(2), 783–788. https://doi.org/10.21474/ijar01/3214
Icam Sutisna. (2020). Statistika Penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, Program Doktor Ilmu Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo,1–15. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/62615506/TEKNIK_ANALISIS_DATA_PENELITIAN_KUANTITATIF20200331-52854-1ovrwlw-libre.pdf?1585939192=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DTeknik_Analisis_Data_Penelitian_Kuantita.pdf&Expires=1697869543&Signat
Nishanthi, R. (2018). The Importance of Learning English in Today World. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, Volume-3(Issue-1), 871–874. https://doi.org/10.31142/ijtsrd19061
Nurmala, K. D., Penggunaan, P., Networking, S., Facebook, M., Pengembangan, T., & Moral, N. (2011). Nuvayantari selva(2010). 2002, 2007–2009.
Pardjono. (2002). Active_Learning_The_Dewey_Piaget_Vygotsky_and_Cons.pdf. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 9, Issue 3, pp. 163–178).
Siahaan, J. (2013). an Analysis of Students ’ Ability and. Journal of English and Education, 2005, 114–121.
Sipayung, K. T., Sinaga, N. T., Sianipar, M. O. C., & Napitupulu, F. D. (2016). Metafunction Realization on Students’ Descriptive Paragraphs. International Journal of Linguistics, 8(6), 20. https://doi.org/10.5296/ijl.v8i6.10264
Sipayung, K. T., Tampubolon, S., Napitupulu, F. D., & Tobing, F. L. (2021). Generic structure of descriptive text written English language learner and
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tia Dina Silvia Simamora, Fenty Debora Napitupulu, Kammer Tuahman Sipayung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.