INKLUSIVITAS PENDIDIKAN SOFT SKILL DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER ISLAM MULTIKULTURAL DI YPU MOJOKERTO

Authors

  • Khoirul Jazilah Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27316

Keywords:

Inklusivitas, Pendidikan Soft Skill, Karakter, Multikutral.

Abstract

Abstrak terdiri dari 150-200 kata, memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan Dalam pendidikan harus ada ruang keterbukaan yang dinamis. Yang mana kegiatan tersebut ditandai dengan adanya ruang dialog yang mengajak peserta didik dalam memahami nilai –nilai humanis sebagai realita pluralism. Model Pendidikan Soft skill yang menitik beratkan keterampilan yang berhubungan dengan sifat dan kepribadian setiap orang yang mana melampaui keterampilan teknis dan akademis. Maka YPU Mojokerto Turut andil dalam Penmbentukan Karakter islami berbasis multikultural ini.  Dalam penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Bentuk pendidikan Soft Skill dalam mewujudkan karakter Islam Multikultural di YPU Mojokerto 1. Kemampuan berkomunikasi, 2. Bertanggung Jawab, 3. Kecakapan social, 4. Group Skill, 5. Tech Savvy, 6. Jiwa Leadership, 7. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif, 8. Keterampilan Spiritual  (SQ), hasil penelitian dari Proses Inklusivitas Pendidikan Soft Skill dalam mewujudkan Karakter Islam Multikultural di YPU Mojokerto berupa Kegiatan layanan Bimbingan dan Konseling, Integrasi soft Skill dalam pembelajaran, Kegiatan ekstrakurikuler dan Pengembangan diri, Internalisasi Soft Skill dalam hidden Kurikulum, Role Mode. Dari hasil Penelitian Hambatan dan Solusi Terkait Proses Inklusivitas Pendidikan Soft Skill Dalam Mewujudkan Karakter Islam Multikultural di YPU Mojokerto yaitu faktor Internal Siswa, faktor eksternal siswa.

References

Badar, Muhammad, Nuryanto, (2019) “Implementasi Pendidikan Soft Skill Dalam Membentuk Moralitas Siswa Madrasah” Elementary: Jurmal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 5 No. 2, Desember

Elfindri, et al. (2011). Soft Skill untuk Pendidik. Bandung: Baduose

Goleman, D. (2005). Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan Alex Tri Kantjono. 2005. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Harianti, Diah, 2007, Model dan Contoh Pengembangan Diri Sekolah Menengah Pertama, Puskur Balitbang Depdiknas, Jakarta

Prasetyo, Benni, (2014 ) “Pengembangan Budaya Religius DI sekolah”dalam Jurnal Edukasi, Volum 02 No. 1

Sanjaya, Wina, 2008 Kurikulum dan Pembelajaran , Teori dan Praktik Pengembangan KTSP), Kencana Perdana Media Group, Jakarta

Soekanto, Soerjono, 2015, Pengantar Penelitian Hukum itle , Jakarta: UI Press

Suyitman, Salim Wazd, 2014, Memahami Kurikulum 2013: Panduan Praktis untuk Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Kebumen: IAINU Kebumen,

Wiyani, Novan Ardy, (2012) Manajemen Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya Di Sekolah, Yogyakarta:PT.Pusaka Intan Madani

Downloads

Published

2024-04-12

How to Cite

Jazilah, K. . (2024). INKLUSIVITAS PENDIDIKAN SOFT SKILL DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER ISLAM MULTIKULTURAL DI YPU MOJOKERTO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4731–4740. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27316