IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DI SEKOLAH MENENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26417Keywords:
Pembelajaran Jarak Jauh, Teknologi Augmented Reality, Sekolah Menengah.Abstract
Penelitian ini mendalami implementasi pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) di tingkat sekolah menengah. Dengan fokus pada penggabungan AR dalam lingkungan pembelajaran jarak jauh, penelitian ini mengeksplorasi manfaat dan tantangan dari pendekatan ini. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa integrasi AR dapat meningkatkan keterlibatan siswa, motivasi belajar, dan penguatan keterampilan abad ke-21. Meskipun demikian, kendala infrastruktur, terutama dalam hal perangkat keras dan konektivitas, masih menjadi hambatan yang perlu diatasi. Sekolah menengah adalah arena penting dalam memahami dampak AR dalam konteks pendidikan. Model pembelajaran berbasis proyek dan simulasi interaktif yang menggunakan AR telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan siswa. Rekomendasi pengembangan melibatkan penyusunan kurikulum yang terintegrasi dengan AR, pelatihan guru, dan peningkatan infrastruktur teknologi. Penelitian ini bukan hanya memberikan wawasan mendalam tentang potensi AR dalam pendidikan, tetapi juga menyoroti urgensi investasi yang tepat dalam infrastruktur untuk mendukung pelaksanaan AR di sekolah menengah. Implementasi teknologi ini dapat memperkaya pengalaman pembelajaran siswa dan menciptakan fondasi untuk perubahan yang lebih besar dalam sistem pendidikan.References
Afandi, N. K., & Pranajaya, S. A. (2023). The Influence of Sabar, Ikhlas, Syukur, and Tawadhu’on Psychological Well-Being of Multicultural Students in East Kalimantan. Dinamika Ilmu, 23(1), 157–179.
Afnanda, M., Widilestari, C., Aji, R., Hasni, K., Medica, S. T. F., Abas, M., Nopianti, W., Mujib, F., Pranajaya, S. A., & Amane, A. P. O. (2023). PENDIDIKAN ANTI KORUPSI, ANTI NARKOBA, DAN DERADIKALISASI. CV GETPRESS INDONESIA. https://www.getpress.co.id/product/pendidikan-anti-korupsi-anti-narkoba-dan-deradikalisasi
Agustika, G. N. S. (2021). The influence of augmented reality-based learning media on the students’ achievement of mathematics. 2nd International Conference on Technology and Educational Science (ICTES 2020), 47–56.
Angraini, L. M., Alzaber, A., Sari, D. P., Yolanda, F., & Muhammad, I. (2022). Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Augmented Reality-Based Learning. Aksioma, 11(4), 3533–3544.
Ardinal, E., Destari, D., Zuhdi, A., & Pranajaya, S. A. (2023). Thematic Learning Model for Islamic Religious Education in Madrasah Ibtidaiyah. Al-Hijr: Journal of Adulearn World, 2(4).
Arifuddin, A., Wahyudin, W., Prabawanto, S., Yasin, M., & Elizanti, D. (2022). The Effectiveness of Augmented Reality-Assisted Scientific Approach to Improve Mathematical Creative Thinking Ability of Elementary School Students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 444–455.
Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728
Chao, W.-H., & Chang, R.-C. (2018). Using augmented reality to enhance and engage students in learning mathematics. Advances in Social Sciences Research Journal, 5(12), 455–464.
Fatmawan, A. R., Dewi, N. P. A., & Hita, I. P. A. D. (2023). SKIMMING AND SCANNING TECHNIQUE: IS IT EFFECTIVE FOR IMPROVING INDONESIAN STUDENTS’READING COMPREHENSION? EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1181–1198.
Hasnin, H. D., Sari, I. P., Astari, T., Sholikhah, M., & Kuncoro, B. (2023). Peran Self-Regulated Learning dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 1024–1032.
Herlina, H., Mulyeni, S., Ulfha, S. M., Partini, S. T., & Redjeki, F. (2023). Edukasi Wirausaha Dan Pendampingan Psikologis Pasca Gempa Bumi Cianjur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(2), 135–146.
Ismail, I., Fathonih, A., Prabowo, H., Hartati, S., & Redjeki, F. (2020). Transparency and Corruption: Does E-Government Effective to Combat Corruption? International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(4), 5396–5404.
Junaedi, D., Redjeki, F., & Priadi, M. D. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian: studi kasus pada Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Mande-Cianjur. Indonesian Journal of Economic and Business, 1(2), 106–120.
Kusnandar, A., & Redjeki, F. (2019). PAYMENT SECURITY OF USANCE DOCUMENTARY CREDIT (DC) FOR BENEFICIARY’S BANK.
Lai, A., Chen, C., & Lee, G. (2019). An augmented reality?based learning approach to enhancing students’ science reading performances from the perspective of the cognitive load theory. British Journal of Educational Technology, 50(1), 232–247.
Lubis, A. H., Dasopang, M. D., Ramadhini, F., & Dalimunthe, E. M. (2022). Augmented reality pictorial storybook: How does it influence on elementary school mathematics anxiety. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 12(1), 41–53.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Paramansyah, A., Musa, M., & Pranajaya, S. A. (2024). INTEGRATION OF VALUES EDUCATION IN LEARNING ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION: BUILDING STUDENTS’MORAL DEVELOPMENT. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 732–744.
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas media pembelajaran berbasis video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8793
Pranajaya, S. A. (2024). BAB 4 ASPEK KEPRIBADIAN ANAK. PSIKOLOGI PSIKOLOGI KEPRIBADIAN ANAK KEPRIBADIAN ANAK, 51.
Pranajaya, S. A., Walidin, W., & Salami, S. (2023). Islamic Educational Psychology; Urgency and Distinction In The Islamic Religious Education Doctoral Program at UIN Ar-Raniry. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 71–84.
Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Arifin, A. M. (2020). The development of Augmented Reality-based learning media to improve studentsâ€TM ability to understand mathematics concept. Unnes Journal of Mathematics Education, 9(2), 92–101.
Redjeki, F. (2021a). ANALYSIS OF HUMAN RESOURCES MANAGEMENT IN THE NEW NORMAL ERA TO DEVELOP LEARNING STRATEGIES. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 4(2), 7–14.
Redjeki, F. (2021b). The Influence of Customer Relationship Management (CRM) on Customer Trust and Loyalty in PT Amartha Sejahtera. 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020), 147–151.
Redjeki, F. (2022). The Effect of Value Creation Based on Company Performance on Stock Returns in Manufacturing Companies Listed on the IDX.
Redjeki, F. (2023a). Perdagangan Internasional Vaksin Dalam Pertumbuhan Ekonomi Negara. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1).
Redjeki, F. (2023b). THE INFLUENCE OF CUSTOMER CHARACTERISTICS, BANK REPUTATION, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ON CUSTOMER VALUE CREATION AND ITS IMPLICATIONS ON CUSTOMER TRUST. UNIVERSITAS PASUNDAN.
Redjeki, F., Fauzi, H., & Priadana, S. (2021). Implementation of appropriate marketing and sales strategies in improving company performance and profits. International Journal of Science and Society, 3(2), 31–38.
Redjeki, F., Narimawati, U., & Priadana, S. (2021). Marketing strategies used by hospitality businesses in times of crisis of the COVID-19 pandemic: Case study. ENDLESS: International Journal of Future Studies, 4(1), 121–131.
Salim, B. S., Ivander, F., & Cahyadi, A. (2023). Kesiapan dan Dampak Penggunaan Teknologi Metaverse dalam Pendidikan. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer Dan Manajemen), 4(1), 48–57.
Salim, B. S., & Sandy, W. (2023). Implementasi Metode Design Thinking dalam Desain Inklusif UI/UX Aplikasi E-Learning untuk Buta Warna Parsial. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 15(1).
Sophan, I., Wahyuni, R. S., Redjeki, F., Herlina, H., & Purnama, S. A. (2023). SANTRI DIGITAL BERINOVASI DALAM BERWIRAUSAHA di DESA BENJOT CUGENANG CIANJUR JAWA BARAT (Rumah Tahfidz Baitul Qur’an Al-Karim Benjot). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–24.
Suhanda, S., Komara, E., Kusdian, R. D., Pandjaitan, B., Djogo, O., Nugraha, A. D., Minar, D., Kadir, Y., Pitoyo, D., & Mulyadi, C. D. (2020). PENGEMBANGAN DAN PEMEKARAN USAHA PERTANIAN, INDUSTRI KECIL-MENENGAH, EKONOMI, KOMUNIKASI, SERTA DAYA WISATA DAN BUDAYA DAERAH JAWA BARAT DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Abdimas Sang Buana, 1(1).
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178.
Tamara, Y. D., & Thohir, M. A. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(3), 454–462.
Zuniari, N. I., Ridlo, Z. R., Wahyuni, S., Ulfa, E. M., & Dharmawan, M. K. S. (2022). The effectiveness of implementation learning media based on augmented reality in elementary school in improving critical thinking skills in solar system course. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1), 12010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.