KAPASITAS MANAJEMEN PADA PENGEMBANGAN DAKWAH ISLAMIYAH MELALUI BADAN KEMAKMURAN MASJID (BKM)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24829Keywords:
Dakwah Islamiyah, Kemakmuran, Manajemen Mesjid.Abstract
Di era milenial, atau juga disebut sebagai umat akhir zaman, banyak orang yang menganggap masjid sebagai tempat untuk shalat saja. Demi mencapai tujuan bersama untuk memakmurkan masjid melalui BKM, dimulai dengan pendataan jama’ah tetap masjid, desain kurikulum masjid, pengumuman jadwal kegiatan masjid, dan yang paling penting melibatkan semua jamaah dalam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dalam dakwah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif, yakni suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran umum berupa data yang diperoleh dari lapangan secara objektif dan rinci. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan kajian pustaka (library research). Memfokuskan pada manajemen dakwah terutama yang mengacu pada tindakan yang dilakukan berdasarkan aturan islam yang bersumber syariat (al-qur''an dan sunnah). Mencapai suatu tujuan untuk meningkatkan kapasitas dalam dakwah islamiyah dengan mendukung secara operasional dalam segala bidang, membantu mengembangkan ilmu pengetahuan bagi masyarakat sehingga terciptanya kemakmuran yang berpusat pada masjid. Sehingga menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan Islam. Oleh karena itu, dengan melakukan hal tersebut Badan Kemakmuran Masjid dapat menggunakan sepenuhnya kekuatan manusianya untuk mengelolah dan memberi akses seluas-luasnya kepada jama’ah sehingga mereka dapat lebih aktif terlibat dalam pengembangan dakwah Islamiyah. Dengan memperkuat keimanan umat serta memakmurkan negara, bangsa juga agama. Sehingga jalan untuk mempermudah proses untuk memperbaiki karakter generasi masa kini dan masa yang akan datang kearah yang lebih baik lagi.References
Aliyudin, M. (n.d.). ????? ??? ????? ( ???? ) ??????? ???? ??? ???? . ??????? ?? ????? ??????? ????????? ???????? ??????? ????? ?? ???? ???? ?? ???????? ???????? ?? ??? ?? ? ??????? ????? " ????? ???? ?? ????? ? ??????? " ???????? ??????? ???????? ?????? . ??????????????? ???. 4(14), 777–792.
Amalia, K. (2022). Ikhwan Tentang Program Magrib Mengaji.
Amir Husin, Asmarika, Mardhiah, Syukri, W. (2023). Pendampingan Bimbingan Sholat Kepada Anak-Anak TPQ Mukhlisin di RT 01 RW 22 Kelurahan sidomulyo Barat Kec . Tuah. 7, 207–212.
Arianto Nanang. (2021). Manajemen Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Dalam Pengembangan Dakwah Islamiyah Nanang Arianto Dosen Manajemen Dakwah STAIN Mandailing Natal. 1–14.
Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, W. (2022). Peran Ganda Guru Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sdit Al-Hasan Kec. Tapung Kab Kampar. 11, 301–308.
Berazam, J. P. (2023). Strategi Komunikasi Badan Kemakmuran Masjid ( Bkm ) Dalam Memakmurkan Masjid Agung H. 5(1), 28–42.
Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.
Dianto, I. (2018). Peranan Dakwah Dalam Proses Pengembangan Masyarakat Islam. Hikmah, 12(1), 90. https://doi.org/10.24952/hik.v12i1.854
DWIYAMA, F. (2018). Unsur Manajemen Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 675–695. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v7i1.312
Fitri, A., Nursikin, M., & Amin, Khairul, W. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710–9717. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1786
Hamdani, D. (2023). Model Pembelajaran Di Era Disrupsi Berbasis Manajemen Dakwah. 6, 2223–2230.
Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.
Hasanah, H. (2016). Arah Pengembangan Dakwah Melalui Sistem Komunikasi Islam. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 131–156.
Husaini, H., & Fitria, H. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 43. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2474
Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). Kemampuan Sumber Dayamanusia Dalammeningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islamdi Era Disrupsi 1Khairul. 11, 204–226.
Mardalis, A., Rosyadi, I., & Sholahuddin Muhammad. (2017). Fungsi Manajemen dalam Islam. Urecol:University Research Colloquium 2017, 6(1), 147–150.
Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). Ikhtiar Kepalamis Raudhatul Mushallin Tanjung Unggat Dalammeningkatkan Eksistensi Madrasah Yang Dipimpinnya Melalui Perbaikan Manajemen. 11(2), 285–294.
Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, R. S. (2022). Strategi Guru Pai Dalammengatasi Perilaku Bullying Di Mi Al – Barokah Pekanbaru. 11, 204–226.
Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.
Muthmainnah. (2023). Memanfaatkan “ P Odcas T ” Sebagai Strategi Dakwah Di Era Disrupsi?: 6, 2231–2240.
Noviyanti, L. A., Rachmawati, D. A., & Sutejo, I. R. (2017). Digital Repository Universitas Jember Digital Repository Universitas Jember. Efektifitas Penyuluhan Gizi Pada Kelompok 1000 HPK Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Kesadaran Gizi, 3(3), 69–70.
Pimay, A., Savitri, F. M., Negeri, I., & Semarang, W. (2021). Dinamika dakwah Islam di era modern. 41(1), 43–55.
PURNAMA, D. P. (2021). Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Core.Ac.Uk, 69(Wim 69).
Purnamasari, M., & Thoriq, A. M. (2021). Peran Media Dalam Pengembangan Dakwah Islam. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(2), 87–99. https://doi.org/10.52593/mtq.02.2.01
Putra, A., & Rumondor, P. (2019). Eksistensi Masjid Di Era Rasulullah. Tasamuh, 17(1), 245–264. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v17i1.1218
Rasyid, A., Tsahbana, M., & Nurrahman, M. Y. (2023). Fungsi Masjid Sebagai Tempat Ibadah Dan Pusat Ekonomi Umat Islam. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(4), 374–383.
Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, W. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis “ Subsidi Silang ” Pada SDIT Imam Asy-Syafii. 11(2), 274–284.
Romadhon, S. (2021). Strategi Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Dalam Memakmurkan Masjid Al-Ikhlas Jalan Beringin Gang Aren Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. UIN Sumatera Utara Medan, 1–100.
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.
Saajidah, L. (2018). Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kurikulum. Madrasa: Journal of Islamic Educational Management, 1(november), 16–22. https://doi.org/10.32940/mjiem.v1i0.71
Sosial, I., Perspektif, I., & Syafii, A. (2020). imam_iqbal,+Journal+manager,+6-Socio-Entrepreneurship+Dewan+Kemakmuran+Masjid+(DKM). 3.
Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, A. Z. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.
Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300
Toni, H. (2016). Pesantren Sebagai Potensi Pengembangan Dakwah Islam. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 1(1), 101.
Wahyuni. (2023). Pengelolaan Media Sosial Dakwah Di Era Disrupsi?: Tinjauan Perkembangan Metode Dakwah Islam. 6, 2292–2301.
Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, A. (2023). Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru. 4(4), 1625–1633.
Wismanto, Nova Yanti, Yapidus, Hamdi Pranata, D. (2022). Mitra PGMI?: Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, VIII, 50–59.
Wismanto., Zuhri Tauhid., A. Z. (2023). Upaya Pencegahan Budaya syirik di Media Sosial melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam kemuhammadiyahan. 12, 338–350.
Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.
Wismanto, Hitami, M., & Abu Anwar. (2021). Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikulum di UIN. In Jurnal Randai (Vol. 2, Issue 1, pp. 85–94).
Wismanto, W., Yanti, N., Yapidus, Y., Pranata, H., & Deprizon, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 9(1), 16–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.820
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Futri Zaharah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.