IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI PABUARAN 2

Authors

  • Ibnu Laksana Aulia Ramdani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhibbin Syah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bambang Samsul Arifin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24240

Keywords:

Pendidikan Inklusi, Pembelajaran, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan apa saja pembelajaran yang mempunyai pengecualian. Adapun penulisan arikel ini menggunakan teknik (Field research). Pembelajaran yang mempunyai pengecualian juga bisa disebut sebagai pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan melibatkan strategi, metode/teknik, evaluasi serta berbagai media pembelajaran yang secara variatif telah ditentukan sesuai kebutuhan peserta didik. Fokus pada penelitian ini adalah anak yang berkesulitan belajar dan mencari tahu mengenai pengertian pembelajaran berkebutuhan khusus, karakteristik, manfaat, Dan Pengimplementasian pendidikan berkebutuhan khusus yang diterapkan untuk membantu pengajaran

References

Abdullah, B., & Aman. (2016). Model Pendidikan Inklusif dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 4 Palu. ISTORIA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 12(1)

Andrianti, S. (2014). Pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa Dalam Pendidikan Agama Kristen Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Antusias, 3(5), 86–102.

Chatib, M. 2012. Sekolah Anak-anak Juara. Bandung: Kaifa.

Departemen Sosial. (2009), Pedoman Advokasi Sosial Penyandang Cacat. Direktorat Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Cacat.

Direktorat Pendidikan Luar Biasa. (2004), Mengenal Pendidikan Terpadu Ditjend. Pend. Dasar dan Menengah Dep. Pend.Nasional.

Igbo, J. N. & Omeje, J. C. 2014. Perceived Efficacy of Teacher-Made Instructional Materials in Promoting Learning among Mathematics-Disabled Children. SAGE Open Journals, 4(2)

Mohammad Takdir Ilahi. (2013), Pendidikan Inklusif .Jogjakarta: Ar Ruzz MediaPurwanta (2002), Makalah disampaikan dalam Temu Ilmiah PLB Tingkat Nasional

Pidarta, M. 2007. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanta, E. 2012. Modifikasi Perilaku. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiawati, F. A & Nai’mah. 2020. Mengenal Konsep-Konsep Anak Berkebutuhan Khusus Dalam PAUD. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 193-208.

Sudjana, Nana 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudarto, Z. (2017). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 97. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p97 106

Supena, A. (2005). Model Pendidikan Inklusif. Parameter, 29(2). https://doi.org/doi.org/10.21009/para meter.292.03

Tarmansyah. (2007), Inklusi Pendidikan Untuk Semua, Jakarta: Depdiknas.

Sri Ayunita, Fuji Rahmadi P. 2023. Sikap Inklusivitas Beragama Anak di TK Swasta Khayri Baihaqi Pinanggripan Asahan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Volume 6 Nomor 4

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R%D

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Ramdani, I. L. A. ., Syah, M. ., & Arifin, B. S. . (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI PABUARAN 2. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 360–366. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24240