PERANAN MANAJEMEN DI RA DARUL INAYAH

Authors

  • Winda Wardhani Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24082

Keywords:

Peranan, Manajemen, Raudhatul Athfal.

Abstract

Manajemen pada pendidikan anak usia dini bertujuan untuk menjadikan manajemen organisasi berjalan dengan baik. Salah satu indikator awal yang baik manajemen pendidikan anak adalah untuk memberikan layanan yang efektif untuk pendidikan anak. Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian di RA darul Inayah meliputi pelaksanaan Manajemennya dan kendala yang terjadi dalam manajemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi mengenai manajemen di RA Darul Inayah. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan manajemen di RA Darul Inayah Deli Tua disusun sesuai degan visi dan misi lembaga yang menerapkan fungsi-fungsi manajemen meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pembinaan. Semua orang sudah memberikan tanggapannya mengenai peranan manajemen di RA Darul Inayah Deli Tua. Selama proses penelitian berlangsung, kepala sekolah, para pendidik, dan orang tua murid menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh peneliti, dan mengambil beberapa gambar sebagai hasil observasi.

References

Abdurahman. (2007). Meaningful Learning Re-Invensi Kebermaknaan Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Abudin nata. (2003). manajemen pendidikan:mengatasi kelemahan pendidikan islam diindonesia. kencana.

Ahmad Asy-Syas. (2008). Ekslopedia Pendidikan Anak Usia Muslim. Robbani Group.

Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Asmendri. (2012). Teori dan Aplikasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah/Madrasah. STAIN Batusangkar Press.

Barrera, F, T. F. & H. A. P. (2009). Decentralized decision-making in schools. The World Bank.

Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Gramedia Pustaka Utama.

Bell, L. & C. R. (2002). The Skills of Primary School Management. Routledge.

Burke, Mary Ann, L. O. P. (2001). Developing CommunityEmpowered Schools. Corwin Press, Inc.

Direktorat TK SD, D. D. D. (2004). Pengkajian Manajemen Sekolah pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Depdiknas.

Elizabeth G. Hainstock. (1999). Metode pengajaran montessori untuk anak prasekolah. Pustaka Delapratasa.

Endah Sulistyowati. (n.d.). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Citra Adji Parama.

Hambali, M., & Mu’alimin. (2021). Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer: Strategi Pengelolaan Pendidikan Islam di Era Industri 4.0. In IRCisod.

Hani Handoko. (2011). Manajemen Edisi 2. BFF.

Hapidin, dkk. (2010). Manajemen TK. Universitas Terbuka.

Harahap, H. S., & Armanila. (2023). Implementation of Special Management in RA Kamboja. Indonesian Journal of Islamic Early Education, 7(2), 149–155.

Hotni Sari Harahap dan Armanila. (2023). Prinsip Kepemimpinan Moral Spiritual Sekolah Dalam Pembangunan Karakter PAUD di TK Nurul Hidayah Kabupaten Serdang Bedagai. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5, 435–446. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC

Huda, N. (2005). Manajemen Pelayanan Pengguna. Bali: Diknas, 1994 Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Joseph, B. S. (1995). Total Quality Management. Sppriya.

M. Ngalim Purwanto. (2000). Menjadi Guru Profesional. Rosda Karya.

Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Pustaka Belajar.

Mantja, W. (2002). . Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Wineka Media.

Maolani Rukaesih. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Margono Drs. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit Rineka Cipta.

Mesiono, P. D. H. N. D. dan D. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.pdf (p. 18).

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Arr Ruzz Media.

Muwahid, S., & Soim. (2013). Manajemen Pendidikan Islam, Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita, 1, 101.

MZ, N. I., Armanila, A., & Amalia, R. (2022). Pengaruh Pendekatan Tematik Terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 165. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.13841

Nanang Fattah. (2011). Landasan Manajemen Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (1998). Metode Penelitian naturalistik Kualitatif. Tarsito.

Noe, R. A. (2010). Employee Training and Development. Fifth Edition. McGraw-Hill.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Reni, M. (n.d.). 2015 pengembangan kreativitas anak melalui proses pembelajaran pada pendidikan taman kanak-kanak.

Rizkina, S., Armanila, A., Yuningsih, A., & Fitri, W. (2022). Guru dan Strategi Penanganan Pada Anak Dengan Masalah Emosional di RA. As-Syafiqah. Jurnal Raudhah, 10(2), 1–11. https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i2.2006

Saefullah. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Pustaka Setia.

Safaat Aat. (n.d.). Peranan Pendidikan Agama Islam. Penerbit Pt RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Prenada.

Sanusi Uwes. (1999). Managemen Pengmbangan Mutu Dosen. Logos.

Scarpello, V. G., and Ledvinka, J. (1988). Personnel / Human resource management, Environments and Functions. Pws-Kent Pu-blishing Company.

Setyaningsih, S., & Suchyadi, Y. (2021). Classroom Management In Imoving School Learning Processes In The Cluster 2 Teacher Working Group In North Bogor City. JHSS. Journal of Humanities and Social Studies, 05 (1), 99–104.

Siti Aisyah dkk. (2007). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.

Siti Inayatulloh. (2016). Siti Inayatulloh. 1(2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran ( Studi Kasus Pada PAUD Negeri Pembina Curup Dan PAUD Pertiwi Rejang Lebong. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2 (1).

SUJIONO, Y. N. (2013). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. 96–100.

Surya Dharm. (2010). Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. pustaka.

Thoha, M. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Konseptuual dan Operasional. Buku Pustaka Radja, 1–171.

Tony Bush, M. C. (2008). Management Strategic for Educational Management. IRCiSoD.

Townsend, T. (1994). Goals for Effectiveness Schools: The View from the Field. School Effectiveness and School Improvement. An International Journal of Research, Policy, and Practice, 5 (2), 127–148.

Ulfa, M. (2018). Analisa deteksi dini dan stimulasi perkembangan anak usia prasekolah. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 3 (2), 200–208.

Usma, H. (2008). Manajemen: Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara.

Yuliani. (n.d.). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Index.

Yuni Mardiyawati. (n.d.). PAUD Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Griya Serua Permai.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Wardhani, W. . (2023). PERANAN MANAJEMEN DI RA DARUL INAYAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 994–1000. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24082