MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE

Authors

  • Retno Fentari IAI Agus Salim Metro Lampung
  • Erda Ermawati IAI Agus Salim Metro Lampung
  • Yayuk Primawati IAI Agus Salim Metro Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23001

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, Model Kooperatif, Picture and Picture

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi peserta didik untuk mencapai tujuan. Guru hanya merupakan salah satu diantara berbagai sumber dan media belajar. Maka dengan demikian peranan guru dalam belajar ini menjadi lebih luas dan lebih mengarah kepada peningkatan motivasi belajar peserta didik. Melalui peranannya sebagai pengajar, guru diharapkan mampu mendorong peserta didik untuk senantiasa belajar dalam berbagai kesempatan melalui berbagai sumber dan media. Guru hendaknya mampu membantu setiap peserta didik untuk secara efektif dapat mempergunakan berbagai kesempatan belajar dan berbagai sumber serta media belajar. Tulisan ini memaparkan tentang pentingnya kemampuan dan kualitas mengajar guru dalam menerapkan berbagai model pembelajaran yang bervariasi. Pemaparan tulisan ini didasarkan pada analisis dari data pustaka dengan model deskriptif.  Dari hasil pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa kualitas pembelajaran merupakan tingkat keefektifan proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang diprogramkan guru merupakan kegiatan integalistik antara pendidik dengan peserta didik. Kegiatan pembelajaran secara metodologis berakar dari pihak pendidik yaitu guru, dan kegiatan belajar secara pedagogis terjadi pada diri peserta didik. Picture and Picture adalah suatu model pembelajaran menggunakan media gambar. Guru dalam pendekatan kooperatif menciptakan sebuah revolusi pembelajaran di dalam kelas.

References

Abdul Majid. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Asari, A., Arifin, A. H., Lubis, M. A., Ismunandar, A., Ashari, A., Agniya, U., Ayunda, W. A., & Pramudyo, G. N. (2023). Manajemen E-Resource. Mafy Media Literasi Indonesia.

Damsar. 2012. Pengantar Sosialogi Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Deden Makbuloh. (2011). Manajemen Mutu Pendidikan Islam Model pengembangan Teori dan Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Agama RI. (2002). Modul dan Model Pelatihan Pengawas Pendais, Jakarta.

E Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Hasan. H. dan Ismunandar. A. (2022). Kepemimpinan Transformasional dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jurnal Al Qiyam, Vol 3 (2), 214-222, https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i2.285.

I Komang Sekta Derbi Demokeranata & I Wayan Ruspendi Junaedi, (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Profesionalitas Kerja Karyawan Potato Head Beach Club Bali, dalam Jurnal Volume 10, No. 2.

Ismunandar, A. (2022). Paradigma Pengembangan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 1(1), 45–57.

Ismunandar, A. (2023). Meretas Nilai Ekonomi Masyarakat Melalui Bumdes (Studi Kasus Di Desa Telogorejo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, 6(1).

Ismunandar, A. (2020). "Dinamika Sosial dan Pengaruhnya terhadap Transformasi Sosial Masyarakat". Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3 (2), 205-219. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i2.1810.

Ismunandar, Arif. (2022). "Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter". Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3 (2), 34-49. https://doi.org/10.36269/ta'lim.v4i1.751.

Ismunandar, A. (2021). The Concept Of Professional Competence Of Educators In Islamic Education. Journal of Islamic Education and Learning 1 (02), 56-65.

Jaja Jahari, Amirullah Syarbini. (2013). Manajemen Madrasah, Teori, Strategi, dan Implementasi, Bandung: Alfabeta.

Karwono & Heni Mularsih, (2012). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurnia, A. & Ismunandar, A.,(2023). Peningkatan Kemampuan Pendidik di Era Society 5.0. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (Jrpp), 6(2), 388–397

Miftahul Huda, (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

M. Ngalim Purwanto. (2005). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

M. Ngalim Purwanto. (2004). Ilmu Pendidiakan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nazara, D. S., Se, M. M., Casriyanti, S. P., Fauzi, H., Trianto, E., Arif Ismunandar, M. M., Raule, J. H., Kes, S. K. M. M., Syamsuddin, A. R., & Jamil, I. M. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia” Teoritis dan Praktis”. Cv. Mitra Cendekia Media.

Oemar Hamalik, (2010). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Piet A. Sahertian. (2000). Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rusman, (2011). Model-Model Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supriadi. (1998). Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Jakarta: Paramadina.

Suyanto dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional, Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, Jakarta: Erlangga.

Syaiful Sagala. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran, Cet. 12, Bandung: Alfabeta.

Uhar Suharsaputra. (2010). Administrasi Pendidikan, Bandung: Refika aditama.

Undang-Undang Repulik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2006). UU RI Nomor 14 Tahun 2005.

Wina Sanjaya. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Fentari, R. ., Ermawati, E. ., & Primawati, Y. . (2023). MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3618–3626. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23001