PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA DI SMPN 3 SEMPU SATU ATAP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22418Keywords:
Literasi Sains, Media Pembelajaran Komputer, Hukum NewtonAbstract
Saat ini pemahaman siswa terkait pelajaran IPA terutama fisika sangat kurang. maka penelitian ini, tujuannya adalah untuk memulai apakah penggunaan media pembelajaran IPA berbasis komputer pada materi hukum Newton dapat meningkatkan literasi sains siswa di SMPN 3 Sempu Satu Atap.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang biasa disebut dengan Research and development (R&D). Penelitian ini, peneliti merancang produk berupa media pembelajaran berbasis komputer yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, kebutuhan literasi sains, dan juga materi hukum Newton yang kemudian dibandingkan hasilnya dengan media pembelajaran hukum newton biasa atau analog. Dan hasil yang diperoleh yaitu tidak ada siswa yang tidak paham mengenai konsep materi baik pada kelompok kontrol maupun eksperimen. Sehingga pengembangan media pembelajaran berbasis komputer ini memiliki pengaruh yang tinggi untuk meningkatkan literasi sains siswa agar mereka lebih mengutamakan sikap ilmiah dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dialami di lingkungankesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah siswa yang menggunakan media pembelajaran komputer lebih efektif dalam meningkatkan literasi sains.References
Aprilia, P. W., Aprilia, P. W., Suprapto, N., 2021. Pembelajaran Inkuiri Untuk Melatih Literasi Sains Siswa Pendidikan Dasar. Jurnal Media Kajian Pendidikan Agama Islam.11(2 ) : 14 - 15
Gustiani. S. 2019. Reaserch And Development (R&D) Method As A Model Design In Educational Reaserch And Its Alternatives. JURNAL Holistik. 11(2): 12-22.
Hatimah, H., Khery, Y., Studi, P., & Kimia, P. 2021. Pemahaman Konsep dan Literasi Sains dalam Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram. 8(1) : 111 – 120
Juniati, Jufri, dan Wahab. (2020). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 15(4), 315-319.
Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kustandi C dan D.Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Latip, A., dan Faisal, A. 2020. Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan Universitas garut. 15 (1) : 444–452.
Latip dan Permanasari. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SMP Pada Tema Teknologi. EDUSAINS. 7 (2) : 160-171.
Nurhayati, Yamin, dan Ernawalis. (2019). Meningkatkan Literasi Sains dengan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Biodiversitas. Simpul Juara. 1(1) : 28-35.
Okpatrioka. 2023. Research And Development (R&D) Penelitian yang Inovatif Dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya. 1(1) : 86-100.
Rahma, & Fatimah. 2020. Pengembangan media pembelajaran berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) pada Materi Hukum Newton. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains. 1(1) : 14–18.
Rubini.,Permanasari.,dan Yuningsih. 2018. Learning Multimedia Based on Science Literacy on the Lightning Theme. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 4(2) : 89-104.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.
Widyastika, D., Nurza, U., & Marwan, A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Generative Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya Universitas Negeri Medan.
Widyastika, D., Sitorus, R. H., dan Lubis, S. J. 2022. Literasi Sains dan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA Abad 21. Journal On Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education Literasi Sains dan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA Abad 21. 3 (3) : 302–309.
Winasti, Soetisna, dan Hindriana. 2018. Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Teknologi. EDUBIOLOGICA Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi. 6 (2) : 110- 115.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hanif Al Amri, Adinda Nina Eka, Syalung Herlina, Bambang Supriadi, Yuli Kurniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.