EVALUASI MODEL CIPP PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI JELAMBAR 01

Authors

  • Alfian Alfian Universitas Esa Unggul
  • Meiyanti Nurchaerani Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22152

Keywords:

Evaluasi, Program, Kampus Mengajar, Cipp.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 5 di Sekolah Dasar Negeri 01 Jelambar  dengan menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Desain dasar penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama empat bulan. Kepala sekolah, guru, dan empat mahasiswa menjadi subjek penelitian ini. Berdasarkan evaluasi context, program ini terlaksana dengan baik karena dilengkapi dengan persiapan dalam menyamakan persepsi, petunjuk teknis, dan rencana kerja sebelum dan selama pelaksanaan program. Berdasarkan evaluasi input, program terlaksana dengan baik karena unsur-unsur yang terlibat diberikan tabel checklist kegiatan yang harus diselesaikan dan siswa diminta memberikan laporan mingguan untuk memantau kesesuaian kegiatan dengan rencana program. Berdasarkan evaluasi process, program ini dengan baik menerapkan proses kegiatan pada bidang literasi, numerasi, adaptasi teknologi, dan pendampingan administrasi, yang dapat dipantau melalui kegiatan diskusi bersama antara Kepala Sekolah, Guru, Dosen Pembimbing Lapangan, dan Mahasiswa. Berdasarkan evaluasi product, ditemukan adanya peningkatan kemampuan membaca dan berhitung siswa. Dukungan administratif dianggap bermanfaat oleh para Guru, meskipun adaptasi teknologi masih diyakini memiliki dampak kecil. Berdasarkan evaluasi dampak, tanggapan positif diberikan oleh Kepala Sekolah, Guru Pamong, dan mahasiswa. Berdasarkan evaluasi efektifitas, program ini sangat efektif dalam meningkatkan nilai literasi dan numerasi para peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 01 Jelambar.

References

Budi Bhakti, Y., Tola, B., & Triana, D. D. (2022). Aitpo (Antecedent, Input, Transaction, Product, Outcomes): Mixed Model Evaluasi Cipp Dan Countenace Sebagai Pendekatan Evaluasi Program Kampus Mengajar. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(1), 11–24. Https://Doi.Org/10.56806/Jh.V3i1.61

Fatonah, K., Alfian, A., & Lestari, S. (2021). Implementasi Program Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar Swasta Nurani Jakarta. Js (Jurnal Sekolah), 5(4), 194. Https://Doi.Org/10.24114/Js.V5i4.31326

Fitriani, S. N. (2022). Implementasi Model Evaluasi Cipp (Context, Input, Process, Product) Dalam Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Di Kabupaten Garut.

Hajaroh, M. (2019). Pohon Teori Evaluasi Kebijakan Dan Program (Metode, Nilai Dan Menilai, Penggunaan). Foundasia, 9(1), 27–42. Https://Doi.Org/10.21831/Foundasia.V9i1.26149

Haniyuhana, A., & Katerina Bataha. (2022). Evaluasi Kebijakan Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Di Sd Negeri Tumbrep 01. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 53–66. Https://Doi.Org/10.21009/Jpd.V13i2.28385

Holly, C. (2018). Qualitative Descriptive Research. Scholarly Inquiry And The Dnp Capstone, 4, 255–256. Https://Doi.Org/10.1891/9780826193889.0005

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2018). Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif. Jurnal Paud, 1(1), 10–25.

Kemendikbud. (2023). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023 (Maret 2023). Program Kampus Mengajar Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Meisarah Asril, C., Amiruddin, A., & Lamada, M. (2023). Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Menggunakan Model Cipp (Context, Input, Process, Product). Jurnal Mediatik, 6(1), 108. Https://Doi.Org/10.26858/Jmtik.V6i1.50827

Oecd. (2019). Programme For International Student Assessment (Pisa). In Oecd. Https://Doi.Org/10.1007/978-94-6209-497-0_69

Oktapiani, M., Sutiono, S., & Choli, I. (2023). Evaluation Of The Implementation Of The Kampus Mengajar Program Based On The Cipp Model. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 27(2), 132–145. Https://Doi.Org/10.19109/Td.V27i2.14644

Rusman, M. P. I. (2018). Efektifitas Evaluasi Model Cipp (Contexs, Input, Prosess, Product) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di Smp Jati …. In Undergraduated Thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya …. Http://Repository.Um-Surabaya.Ac.Id/4647/1/Laporan_Akhir_Penelitian_Ciff_Fix.Pdf

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2667

Sholihah, A. A. N., Sasongko, H., & Respati, M. R. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Dengan Model Cipp (Studi Kasus Pada Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Di Smp Negeri 14 Kota Bogor). Http://Eprints.Unpak.Ac.Id/4808/

Stufflebeam. (1985). Systematic Evaluation: A Self-Instructional Guide To Theory And Practice. Kluwer Nijhof Publishing.

Stufflebeam, D. L. (2015). Cipp Evaluation Model Checklist: A Tool For Applying The Cipp Model To Assess Projects And Programs. Western Michigan University, 1–51. Https://Wmich.Edu/Evaluation/Checklists

Wardhani, A. (2022). Evaluasi Implementasi Program Mbkm Kampus Mengajar Berbasis Cipp Di Sdn 010 Melayu Besar.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Alfian, A., & Nurchaerani, M. . (2023). EVALUASI MODEL CIPP PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI JELAMBAR 01. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2781–2792. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22152