ANALISIS BIBLIOMETRIK TENTANG TREN PENELITIAN ALIRAN-ALIRAN PERKEMBANGAN (NATIVISME, EMPIRISME, DAN KONVERGENSI)

Authors

  • Nery Safitri Jember University
  • Iftitah Aristanti Universitas Jember
  • Isna Nikmatul Mahbubah Universitas Jember
  • Dena Arianingrum Universitas Jember
  • Iwan Wicaksono Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21024

Keywords:

nativism, empiricism, convergence, bibliometric, VOSviewer

Abstract

Proses pertumbuhan dan perkembangan anak seharusnya sama pada setiap individu, namun pada kenyataannya tidak semua individu berkembang seperti anak-anak lainnya. Para ahli memiliki beberapa pendapat mengenai faktor yang mempengaruhi perkembangan yakni adanya aliran-aliran yang dijadikan sebagai pedoman para ahli mengenai faktor yang mempengaruhi perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan profil tren penelitian terkait aliran-aliran perkembangan dan pertumbuhan peserta didik yang ada di Indonesia. Kami melakukan penelitian dengan mengumpulkan dan menganalisis informasi dari data base Google Scholar berbantuan software PublishorPerish. Hasil tren publikasi tersebut direpresentasikan dalam bentuk visualisasi grafis, yang dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer. Fokus pada penelitian ini adalah tren penelitian terkait aliran-aliran perkembangan dan pertumbuhan yaitu aliran empirisme, aliran naturalisme, dan aliran konvergensi.

References

Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How To Conduct A Bibliometric Analysis: An Overview and Guidelines. Journal of Business Research, 133(3), 285–296.

Dwiyono, H. Y. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Deepublish.

Hidayati, A. (2016). Merangsang Pertumbuhan dan Perkembangan Anak dengan Pembelajaran Tematik Terpadu. SAWWA. 12(1), 151-164.

Kurniawati, E., & Wahyuni, E. S. (2023). Pemetaan Sistematis Topik Nature Of Sience Berdasarkan Analisis Bibliometrik Menggunakan VOSViewer: Pemetaan Sistematis Topik Nature Of Science Berdasarkan Analisis Bibliometrik Menggunakan VOSViewer. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 38-48.

Laksono, P. J., & Patriot, E. A. (2022). Analisis Blibiometrik Penelitian Jenis Lempung: Kontribusi Zeolit, Montmorilonoit, dan Bentonit. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan. 5, 407-418.

Nadirah, S. (2013). Anak Didik Perspektif Nativisme, Empirisme, dan Konvergensi. Lentera Pendidikan. 16(2), 188-195.

Prahani, B. K. (2022). Artificial Intelligence in Education Research During the Last Ten Years: A Review and Bibliometric Study. Ijet. 17(8), 169-188.

Rahmania, T. (2023). Psikologi Perkembangan. Sada Kurnia Pustaka.

Rahmat, P. S. (2021). Perkembangan peserta didik. Bumi Aksara.

Sianipar, F. A., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2023). Analisis Bibliometrik Terhadap Motivasi Belajar Berbasis Vos Viewer. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 4(1), 126-130.

Suprapto, N., Prahani, B. K., dan Deta, U. A. (2021). Research Tren on Etnoscience through Bibliometric Analysis (2011-2020) and The Contribution of Indonesia. Library Philosophy and Practice. 6, 1-17.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Safitri, N., Aristanti, I., Mahbubah, I. N., Arianingrum, D., & Wicaksono, I. (2023). ANALISIS BIBLIOMETRIK TENTANG TREN PENELITIAN ALIRAN-ALIRAN PERKEMBANGAN (NATIVISME, EMPIRISME, DAN KONVERGENSI). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4207–4213. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21024