PENGARUH METODE CERITA BERGAMBAR TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK DI TK MISI BAGI BANGSA BEKASI

Authors

  • Desniati Zega Sekolah Tinggi Teologi Ekumene
  • Indraldo Undras Sekolah Tinggi Teologi Ekumene
  • Elieser R Marampa Sekolah Tinggi Teologi Ekumene

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.20604

Keywords:

Metode Cerita Bergambar, Pembentukan Karakter, Tanggung Jawab Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode cerita bergambar terhadap pembentukan karakter tanggung jawab anak di TK Misi Bagi Bangsa Bekasi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah survei kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan probability sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode cerita bergambar mempengaruhi pembentukan karakter tanggungjawab anak di TK Misi Bagi Bangsa Bekasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Rsquare sebesar 0,732%. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh metode cerita bergambar terhadap  pembentukan karakter tanggung jawab anak. Dengan adanya metode cerita bergambar, anak semakin berminat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran  sehingga anak memiliki pribadi yang bisa bertanggung jawab.

References

Akbar, Eliyyil. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini (1st ed.). Kencana.

Amini, M., & Mariyati, M. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pemberian Penguatan. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), Article 2.

Amini Mukti, dkk. (2020). Penguatan Karakter Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. 4(1), 34. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1A.2970

Ardiana, Dewa Putu Yudhi, dkk. (2021). Metode Pembelajaran Guru (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Cahyati, N. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), Article 02. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1033

Cahyati Nika. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Karakter Tanggungjawab Anak Usia 5-6 tahun. 2(2), 77. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1033

Dirsa, Andika, dkk. (2022). Pendidikan Karakter (1st ed.).

Elya, Monica Hotma, dkk. (2020). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak usia din. 4(1), 307. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326

Fadilah, dkk. (2021). Pendidikan Karakter (1st ed.). Agrapana Media.

Fauzi Ahmad, dkk. (2021). Pendidikan Karakter (1st ed.). Zahir Publishing.

Inswide. (2021). Wawasan Pendidikan Karakter (1st ed.).

Irawan, dkk, D. C. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756

Juwita dkk, R. (2019). Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Utile: Jurnal Kependidikan, 5(2), 143. https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.503

Katoningsih, Sri. (2021). Ketrampilan Bercerita (1st ed.). Muhammadiyah University Press.

Lufri, dkk. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran (1st ed.). CV IRDH.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru Paud Profesional (1st ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Maylanny, dkk. (2021). Transmedia Storytelling (1st ed.). Syiah Kuala University Press.

Muhammad Najamuddin. (2020). Teach Like Fun Teacher (1st ed.). Araska.

Musbikin, Imam. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) (1st ed.). Penerbit Nusa Media.

Nugraha, dkk, N. M. S. A. (2014). Penggunaan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Sikap Mandiri Anak Kelompok a Tk Negeri Pembina Bangli Tahun Ajaran 2012/2013 [Journal:eArticle, Ganesha University of Education]. In Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha (Vol. 4, Issue 1, p. 122568). https://www.neliti.com/publications/122568/

Oktavia, D. M., & Madya, J. D. (2021). Upaya Penanaman Akhlak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Anak Usia Dini. 2, 214.

Parinding, Vivin. (2018). Implementasi Pemuridan Kontekstual Dalam Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. 2(2), 5–6. https://doi.org/10.31219/osf.io/7j82n

Putri, H. (2018). Penggunaan Metode Cerita untuk Mengembangkan Nilai Moral Anak TK/SD. Muallimuna?: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), Article 1.

Ririhena, I., & Indramayu. (2021). Modul ajar pendidikan lingkungan hidup anak usia dini (1st ed.). Penerbit Adab.

Salim, N. A. (2022). Dasar-Dasar Pendidikan Karakter (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Salsabila, N. (2021). Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim. 5, 113.

Setyorini, A. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar D (Studi Pendekatan Kualitatif kepustakaan). 14, 77.

Sihite, B. D. (2016). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Pembentukan karakter Displin Anak Usia 5-6 Tahun. 2, 7.

Siregar, R. S. dkk. (2022). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Sukatin, & Saifillah A-l faruq, Shoffa. (2021). Pendidikan Karakter (2020th ed.).

Veronika Aries, dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (1st ed.). PT Global Eksekutif Teknologi.

Yulianti, Y. (2023a). Metode Cerita dan Karakter Anak (1st ed.). Mikro Media Teknologi.

Yulianti, Y. (2023b). Metode Cerita dan Karakter Anak (1st ed.). Mikro Media Teknologi.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Zega , D., Undras, I. ., & Marampa, E. R. . (2024). PENGARUH METODE CERITA BERGAMBAR TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK DI TK MISI BAGI BANGSA BEKASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4393–4400. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.20604