PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DIGITAL SMART APPS CREATOR UNTUK SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20517Keywords:
Matematika, Digital, Smart Apps CreatorAbstract
Tujuan penelitian adalah menghasilkan produk media pembelajaran berbasis SAC (Smart Apps Creator) yang valid, praktis dan berpotensi efektif. Jenis penelitiannya adalah R&D dengan model ADDIE lima langkah. Hasil penilaian validator pengukuran lingkungan pembelajaran matematika berbasis digital SAC tergolong sangat valid dengan rata-rata sebesar 87,2%, sedangkan respon siswa terhadap survei latihan kelompok kecil dan kelompok besar sebesar 88,2%. dan 87,8% sangat praktis. kategori Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika digital Smart Apps Creator valid dan praktis. Sehingga produk yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini dapat digunakan dalam pembelajaran matematika sekolah dasar.References
Ahmadi, F. (2017). Guru SD di Era Digital: Pendekatan, Media, Inovasi. CV. Pilar Nusantara.
Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan, 8(2), 145–167.
Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Fajriyah, L., Astuti, I. A. D., Hardiansyah, A., Suseni, K. A., Alti, R. M., & Rizki, V. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0.”
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Mengahdapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 291–300.
Budyastomo, A. W. (2020). Gim edukasional untuk pengenalan tata surya. Teknologi, 10(2), 55–66.
Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379–6386.
Herdiana, A., & Julia, R. (2022). Pemanfaatan Alat Peraga Jam Sudut sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika. Polinomial?: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 23–27.
Jaiz, M., Vebrianto, R., Zulhidah, Z., & Berlian, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik SD/MI. Jurnal Basicedu, 6(2), 2625–2636.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745.
Nur, F., Masita, & Mattoliang, L. A. (2022). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Nas Media Pustaka.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2022a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. ALFABETA.
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945.
Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., Prastyo, H., Purnama Sari, D., Syukriani, A., Febriyanni, R., Rosalina Rawa, N., M. Saija, L., & Wicaksono, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. UMMPress.
Yuberti, Wardhani, D. K., & Latifah, S. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Smart Apps Creator Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(2), 90–95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sunedi Sunedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.