TEACHER CHALLENGES IN THE ERA OF DIGITALIZATION FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20371Keywords:
Pendidikan Digital, Perspektif Islam, Tantangan Guru.Abstract
Era digitalisasi 5.0 telah mengubah lanskap pendidikan dengan meluasnya penggunaan teknologi. Dalam konteks ini, pandangan Islam mengenai pendidikan dan nilai-nilai etika mempunyai relevansi yang penting. Tantangan yang dihadapi guru dalam mengintegrasikan teknologi dengan nilai-nilai Islam menjadi fokus utama penelitian ini. Jenis pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi literatur. Metode analisisnya menggunakan analisis isi. Artikel ini bertujuan untuk menggali tantangan guru di era digitalisasi menurut pandangan Islam dan strategi yang dapat digunakan guru untuk mengatasi tantangan tersebut. Perspektif Islam terhadap pengetahuan, moral, komunikasi, dan nilai-nilai lainnya juga dianalisis dalam konteks pendidikan digital. Dengan menerapkan strategi yang tepat, pendidikan digital dapat menjadi alat yang ampuh untuk mendorong pembelajaran efektif yang didasarkan pada nilai-nilai Islam. Tantangan yang dihadapi guru di era digitalisasi secara umum berupa penguasaan teknologi, adaptasi metode pembelajaran, keterampilan digital siswa, keamanan dan etika digital, keterbatasan akses, evaluasi dan penilaian, kelebihan informasi, perubahan peran guru, kesulitan dalam mengajar. menciptakan koneksi pribadi, dan perubahan terus-menerus. Tantangan guru di era digitalisasi menurut Islam antara lain pentingnya ilmu pengetahuan dan pendidikan, kedalaman akhlak dan akhlak, kerjasama dan komunikasi yang baik, agama dalam pendidikan, keadilan dan kesetaraan, pengembangan potensi individu, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, pengendalian diri dan pemantauan diri, tujuan pendidikan yang lebih besar. Strategi solusinya meliputi pelatihan teknologi mendalam, pengembangan materi pembelajaran digital, penggunaan platform pembelajaran online yang tepat, pemantauan dan evaluasi berkelanjutan, kesadaran etika digital, kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat, mengatasi kesenjangan akses, pengembangan keterampilan penting, promosi keterampilan pribadi. koneksi, pendidikan agama terpadu, fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi, serta pengembangan diri berkelanjutan.References
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Andiyanto, T. (2021). Pendidikan di Masa Covid-19. Raih Asa Sukses.
Anita, Y., Arwin, Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2022). Y Anita., Arwin, A., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Guru Sekolah Dasar. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1). https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.658
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). M Annisa. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. 2(1), 35-48. Jurnal Bintang, 2(1).
Batubara, D. S. (2018). Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-Faktor, Dan Upaya Meningkatkannya). Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1).
Chodzirin, M. (2016). Pemanfaatan Information And Communication Technology Bagi Pengembangan Guru Madrasah Sub Urban. Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(2).
Dananjaya, U. (2023). Media pembelajaran aktif. Nuansa CEndikia.
Dasmo, Notosudjono, D., & Sunardi, O. (2022). M Dasmo. P. (2022). Perilaku Inovatif Sebagai Pusat Pengembangan Profesional Guru Pada Era Digital. Media Nusa Creative. MNC Publishing.
Daud, A., Aulia, A. F., & Ramayanti, N. (2019). Integrasi teknologi dalam pembelajaran: Upaya untuk beradaptasi dengan tantangan era digital dan revolusi industri 4.0. Unri Conference, 1(Community Engagement).
Duraesa, M. A., & Ahyar, M. (2021). Islamic Popul[ar]ism: Religious Popularism And Activism In The Yukngaji Community. Qudus International Journal of Islamic Studies (QIJIS), 9(2). http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v9i2.7795
Hakim, L. (2020). Pemilihan platform media pembelajaran online pada masa New Normal. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2).
Haris, M. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.55352/mudir.v1i1.26
Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2).
Huda, Moh. (2021). Penggunaan Teknologi Reproduksi Bantu (Assistive Reproductive Technology) dan Implikasinya Terhadap Kesehatan Reproduksi dalam Pandangan Islam. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 21(1). http://dx.doi.org/10.24042/ajsk.v21i1.7695
Huda, S., & Adiyono. (2023). S Huda., & Adiyono, A. (2023). Inovasi Pemgembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Di Era Digital. , 1(2), 371-387. ENTINAS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2).
Ilham, D. (2020). Persoalan-Persoalan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(2).
Juwairiah, Tendri, M., Bariroh, S., Zulkifli N, Toto, H. D., & Nurdiana. (2023). Strategi Penggunaan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA 1 Kota Sungai Penuh. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3).
Kanda, R., Pratama, E. Y., & Sari, D. J. N. (2021). Transformasi Arah Tujuan Pendidikan di Era Society 5.0. CV. Caraka Khatulistiwa.
Karmedi, M. I., Firman, & Rusdinal. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 2(1).
Kenedi, A., & Hartati, S. (2022). Moderasi Pendidikan Islam Melalui Gerakan Literasi Digital Di Madrasah. Jurnal Mubtadiin, 8(1).
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3).
Mansir, F. (2020). Diskursus Sains dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah Era Digital. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 3(2). https://doi.org/10.37329/kamaya.v3i2.437
Masturin, Ritonga, Mhd. R., & Amaroh, S. (2022). Tawhid-Based Green Learning In Islamic Higher Education: An Insan Kamil Character Building. Qudus International Journal of Islamic Studies (QIJIS), 10(1). http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v10i1.14124
Meyanti, I. G. A. S., & Lasmawan, I. W. (2023). Tuntutan Digital Literasi pada Kurikulum Pendidikan IPS. Media Komunikasi FPIPS, 22(2).
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2).
Noor, A. (2019). Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital. Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP.
Nurgiansah, T. H. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2).
Patimah, S. (2020). Solusi Al-Qur’an Dalam Mengatasi Degradasi Moral Remaja Di Era Digital (Studi Analisis Nilai-Nilai Akhlak dalam Kisah-Kisah Al-Qur’an). IIQ Jakarta.
Purwati, N. K. R., & Erawati, N. K. (2021). Pandemic Challenge: Evaluasi Pembelajaran Online Menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Rahman, M., Bakri, M., Busri, H., Zainullah, & Rahmawati, R. K. N. (2020). M Rahman., Bakri, M., Busri, H., Zainullah, Z., & Rahmawati, R. K. N. (2020). Eksplorasi Nilai-nilai Kesetaraan dalam Pendidikan Pesantren Mu’?dalah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 8(1). https://doi.org/10.15642/jpai.2020.8.1.39-58
Rani, S. (2023). Transformasi Komunikasi Dakwah dalam Era Digital: Peluang dan Tantangan dalam Pendidikan Islam Kontemporer. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1).
Setiawan, D., AF, M. A., Aziz, F. M., Fajar, A., & Yurna. (2023). Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Manusia Dan Masyarakat. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4).
Sukma, M. N., & Canggih, C. (2021). Pengaruh Electronic Money, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumsi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1). http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1570
Sukmawati, R. I., Siwanto, J., & Huda, C. (2021). Keefektifan Digital Learning Terintegrasi Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA/MA. Journal of Banua Science Education, 2(1).
Sultani, Alfitri, & Noorhaidi. (2023). Teori Belajar Humanistik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1).
Thifana, A. R., Nur, N. L., Nungsih, S. H., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2023). Meningkatkan Pendidikan Kebangsaan di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2).
Uruk, F. H. (2021). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10).
Wati, F., Kabariah, S., & Adiyono. (2023). Subjek dan objek evaluasi pendidikan di sekolah/madrasah terhadap perkembangan revolusi industri 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5).
Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6).
Wirian, O. (2017). Kewajiban Belajar dalam Hadis Rasulullah Saw. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(2).
Zaim, M. (2020). Media Pembelajaran Agama Islam Di Era Milenial 4.0. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nasiruddin Sidqi, Muhammad Fuad Ikhwansyah, Desi Erawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.