MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VIDEO BERBASIS POWERPOINT MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH ANNUR

Authors

  • Erna Yulis Universitas Esa Unggul
  • Ainur Rosyid Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19485

Keywords:

Media Video Berbasis Powerpoint, Hasil Belajar Matematika.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Annur dikarenakan guru lebih menggunakan buku sebagai sumber belajar, sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan media video berbasis powerpoint pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Annur. Subjek penelitian berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil tes siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa jadi lebih aktif saat menggunakan media video berbasis powerpoint sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I persentase ketuntasan mencapai 61,11%, kemudian pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 88,89%. Hasil rata-rata persentase observasi guru pada siklus I mencapai 61,11%, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata persentase mencapai 77,78%. Dan hasil rata-rata persentase observasi siswa pada siklus I mencapai 63,19%, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata persentase mencapai 81,25%. Hal ini menunjukan bahwa hasil tes siswa dan lembar observasi dikatagorikan baik, sehingga penggunaan media video berbasis powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Annur

References

Ardhianti, F. (2022). Efektifitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Nautical?: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(1), 5–8. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i1.95

Asnidar, A., & Junaid, J. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran Fonologi Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 13–21. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1439

Farista, R., & M, I. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699.

Hapudin, M. S., & Wibowo, H. P. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Satuan Panjang Pada Bimbingan Belajar. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin, 4(Hapudin 2019), 157–164.

Irsan. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya Pada Murid Kelas IV SDN Topa Baubau. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 558. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1421

Manurung, A. S. (2017). Pelatihan Arimatika Bagi Ibu-ibu (orang tua siswa) di Yayasan Perguruan Birrul Waalidain Desa Semplak Bogor. Jurnal Abdimas, 3(2), 14–18.

Manurung, A. S., & Halim, A. (2017). Kontribusi Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 31 Jakarta. 0313038203, 1–14.

Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.322

Mudiana, I. G., Bayu, I. G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 383. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.36096

Oktiani, M., & Nugroho, O. F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran ICM Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan. Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA, 5(2), 43–53.

Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish.

Pratiwi, I. W., & Rozali, Y. A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMPN 234 Jakarta Timur. Psychommunity: Seminar Nasional Psikologi Esa Unggul, 9.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin?: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran Visiual - Audio Visual - Komputer - Power Point - Internet - Interactive Video (A. Jarot (ed.)). Kata Pena.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Downloads

Published

2023-10-28

How to Cite

Yulis, E. ., & Rosyid, A. . (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VIDEO BERBASIS POWERPOINT MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH ANNUR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 794–804. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19485