MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DISEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18929Keywords:
SFAE, Saintifik (Scientific Approach), KeaktifanAbstract
Siswa seringkali diam saat guru menjelaskan materi dan hanya mendengarkan penjelasan tanpa memberikan tanggapan yang membangkitkan rasa ingin tahunya. Selain itu, siswa hanya menanggapi seadanya saja, menunjukkan bahwa kurangnya interaksi antara siswa dan guru. Siswa hanya mengerjakan tes yang telah diberikan dan belum menerapkan pembelajaran kelompok yang heterogen yang dapat membantu siswa bertukar pendapat dengan temannya. Beberapa siswa terlihat diam saja, tidak memperhatikan guru, mengobrol dengan teman sebangku, dan mengganggu temannya selama proses pembelajaran. Sehingga proses pembelejaran menjadi kurang efektif karena adanya umpan balik antara siswa dan guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri atas 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik analisis data pada penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sebanyak 50%, dari presentase pratindakan yaitu 27,77% atau 5 siswa, kemudian pada siklus I memperoleh keberhasilan keaktifan belajar siswa sebanyak 47,05% atau 8 siswa, hingga pada siklus II meningkat menjadi 78,57% atau 11 siswa dari keseluruhan siswa yang berjumlah 14 siswa yang hadir.References
Afandi, M., & Badarudin (2011). Perencanaan Pembelajaram Di Sekolah Dasar Dengan Memasukkan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bandung: ALFABETA, cv.
Ahmad, T. (2019). Teacher interaction, emotional, teaching and learning process. El-Ghiroh, XVI(01), 1–13.
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, & H, N. (2019). HaryantoAtmowardoyo Dr. NurhikmahH.S.Pd., M.Pd.
Aliwanto, A. (2017). Analisis Aktivitas Belajar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 64–71.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Desmita, D. (2012). Perkembangan Peserta Didik Perkembangan Peserta Didik Perkembangan Peserta Didik. 1–222.
Eristiani, S., Jayanta, I. N. L., & ... (2020). … Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Pembelajaran Sederhana Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 3(1), 137–151. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/27542
Hadiyanta, N. (2013). Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Jurnal Kependidikan, 43(1).
Hafid rosyidi. (2015). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 1(0271), 677–680.
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638
Harefa, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 116-131.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21.
Hasanah, Z. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.
Herwina, W. (2020). Identifikasi Kebutuhan Belajar dan Pengembangan Kurikulum. Hasil Penilaian Peer Review, 169.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Kemampuan Berpikir Kritis, T., Mustikasari, I., & Tika Damayani, A. (2019). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 303–309.
Kemendikbud. (2022). Permendikbud Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.Ahmad, T. (2019). Teacher interaction, emotional, teaching and learning process. El-Ghiroh, XVI(01), 1–13.
Aliwanto, A. (2017). Analisis Aktivitas Belajar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 64–71.
Desmita, D. (2012). Perkembangan Peserta Didik Perkembangan Peserta Didik Perkembangan Peserta Didik. 1–222.
Eristiani, S., Jayanta, I. N. L., & ... (2020). … Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Pembelajaran Sederhana Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 3(1), 137–151. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/27542
hafid rosyidi. (2015). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 1(0271), 677–680.
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955
Kristin, F. (2016). Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(April), 1–23.
Limbong, M. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Book, 53(9), 1689–1699.
Nurfatimah, N., Hamdian Affandi, L., & Syahrul Jiwandono, I. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa kelas Tinggi di SDN 07 Sila pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.130
Palili, S. (2017). Usaha guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama islam di SMP N 16 Makasar. Jurnal Studi Pendidikan Pendahuluan, 8(1), 39–56.
Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (n.d.). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. 238–251.
Rahmatullah, Inanna, & Rahmah. (2022). Karakteristik Perkembangan Peserta Didik. 6, 101.
Saifuddin, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Menggunakan Pet Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 02 BATU. Jpe, 8, 36–47.
Saumi, R. (2020). penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining (sfae) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. 192.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Suja, I. W. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. In Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Abad XXI. Seminar Doktor Berbagi.
Suryadi, E. azril, Asrori, M., & Yuline. (2020). Identifikasi Kebutuhan Peserta Didik Berdasarkan Teori Abraham Maslow di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 09(11), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/43317
Tara, S., Andayani, & Suyitno. (2018). Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0 | 1. Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0, 2(Bipa 7), 1–8.
Tayeb, T. (2017). Analisis dan manfaat model pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 48-55.
Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif.
Yanto, Y., & Juwita, R. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(1), 53-60.
Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, pp. 13–20).
Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846–1851.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Sholeh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.