ANALISIS PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH SINABANG KABUPATEN SIMEULUE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18587Keywords:
Pandemi COVID-19, Efektivitas, Kemuhammadiyahan, Pembelajaran SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sinabang Kabupaten Simeuluedan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran siswa pada masa pandemi COVID-19 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. di MA Muhammadiyah Sinabang Kabupaten Simeulue dan untuk mengetahui pengaruh pandemi covid 19 terhadap efektivitas belajar siswa di MA Muhammadiyah Sinabang Kabupaten Simeulue. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 182 orang melalui teknik pengumpulan data kuesioner dan analisis data korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran agama Islam di MA Muhammadiyah pada masa pandemi covid-19 dilaksanakan dengan proses pembelajaran online menggunakan media android melalui berbagai metode, media dan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Efektivitas pembelajaran siswa pada masa pandemi COVID-19 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Muhammadiyah Sinabang Kabupaten Simeulue cukup efektif dengan mempertimbangkan kualitas, waktu pembelajaran, pemberian reward dan penyesuaian materi dengan metode dan media pembelajaran. Pandemi Covid-19 mempengaruhi efektivitas pembelajaran siswa di MA Muhammadiyah Sinabang Kabupaten Simeulue. Hal ini terlihat dari hasil uji t yang diperoleh dimana thitung > ttabel atau 0,78 > 0,36 hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja dan prestasi belajar siswa kelas Madrasah Aliyah Muhammadiyah. Hal ini terlihat dari nilai r tabel (0,78 > 0,36).References
Ahmad Rohani. Pengelolaan Pengajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2015)
Ardiana Damayanti, Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik., Jurnal, No.1 Vol.2
Agus Kusnayat.et.al (2020), Pengaruh Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Efektivitas Perkuiahan, Jurnal Edukasi dan Teknologi, No.1 Vol.4
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, PT. Raja Grafindo, Persada, Jakarta 2001)
Aulia Luqman, Efektivitas Pembelajaran Daring, (Jakarta: UI, 2020), hlm.4
Badan Pusat Statistik, Statistik Penduduk Lanjut Usia, (Jakarta: BPS, 2019)
BNPN, Keluarga Berkualitas Benteng Ampuh Cegah Virus Corona Saatnya Aksi 8 Delapan Fungsi Keluarga. (Jakarta: BNPN, 2020)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Kemendikbud, 2016)
Didin Djamaluddin, dkk, Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19 Pada Calon Guru, Hambatan, Solusi dan Proyeksi, (Bandung: UIN Sunan Gunng Djati, 2020)
Enggen & Kauchak, Buku Model Pembelajaran Speaking Tipe SAD yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter Coorporate Learning, (Ponogoro: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019)
Gunawan, dkk, Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teacher Daring the Covid-19 Pandemic Period, Indonesia Journal of Teacher Education, I (2),61-70.
Handayani, Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar, (Jakarta: Mizan, 2015)
Hasan Alwi, et.al, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2007)
Kemendagri, Lima Langkah Pencegahan Penyebaran Covd 19, (Jakarta: Kemendagri, 2020)
Kemenag, Efektivitas Pembelajaran Daring, (Jakarta: Kemenag RI, 2020)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 T. Gusli Muliadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.