Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Mahasiswa pada Masa Pembelajaran Daring

Authors

  • Ayunda Sabrina Sormin Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Heni Mulyani Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9950

Abstract

Pandemi Covid- 19 sudah dua tahun bertahan di Indonesia. Dampak pandemi ini telah mengubah  sangat cepat proses pendidikan di yang ada. Pendidikan dipaksa untuk “daring” sebelum waktunya untuk mencegah penyebaran virus.Perubahan cepat ini menyebabkan banyak masalah timbul didalam kelas daring. Sekalipun pada tingkat Pendidikan tinggi yaitu mahasiswa,  , tidak membuat “daring “ menjadi mudah. Banyak sekali masalah yang dihadapi para dosen dan mahasiswa itu sendiri dalam kelas daring. Ketidaksiapan fasilitas , perihal ekonomi yang berkaitan dengan pengadaan gadget  dan  kuota, dan learning modality  atau cara belajar mahasiswa yang cenderung belajar seolah tanpa “dosen” didalam kelas daring yang menjadi polemik. Polemik utamanya tentu saja motivasi belajar dan keaktifan belajar didalam kelas.Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang menyebabkan penurunan motivasi dan keaktifan belajar mahasiswa.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Sormin, A. S. ., & Mulyani, H. . (2022). Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Mahasiswa pada Masa Pembelajaran Daring . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9881–9887. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9950