Hubungan Antara Supervisi Akademik Terhadap Motivasi Kerja Dengan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9901Abstract
Seorang kepala sekolah berwewenang dalam mengembangkan dan meningkatkan kinerja seorang guru, melalui motivasi kerja yang dapat menunjang kompetensi professional guru di sekolah dasar, sehingga dapat terlaksananya kegiatan supervisi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Supervisi Akademik Terhadap Motivasi Kerja Dengan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode statistika dan deskripsi. Hasil analisis uji korelasi rank sprearman pada variabel supervisi akademik (X1) dan kompetensi professional guru di sekolah dasar (Y) dengan memperoleh nilai sebesar 0,944 yang dapat diartikan bahwa variabel ini memiliki hubungan yang sangat kuat dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Sedangkan pada variabel motivasi kerja (X2) dan kompetensi professional guru di sekolah dasar (Y) memperoleh nilai sebesar 0,962 dapat diartikan bahwa variabel ini memiliki hubungan yang sangat kuat dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Sehingga, hasil penelitian yang didapat adalah adanya hubungan pelaksanaan program supervisi akademik terhadap motivasi kerja guru dengan kompetensi professional guru.Downloads
Published
2022-12-08
How to Cite
Kristalia, . J. ., & Sanoto, H. . (2022). Hubungan Antara Supervisi Akademik Terhadap Motivasi Kerja Dengan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9619–9625. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9901
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Jessy Kristalia, Herry Sanoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









