Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Beragama Buddha di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021.

Authors

  • Gustiya Gandha Metri STAB Nalanda
  • Astri Chintya Astana STAB Nalanda
  • Lisnawati Lisnawati STAB Nalanda

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9850

Abstract

Minat belajar dan motivasi belajar sangat dibutuhkan untuk tercapainya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa beragama Buddha dari kelas VII-IX di SMP Negeri Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Teknik dan instrument pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Kuesioner digunakan untuk mengukur masing – masing variabel minat belajar dan motivasi belajar. Kuesioner yang diberikan, sebelumnya dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha di SMP Negeri Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi sebesar 0,259; besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha sebesar 0,311; pengaruh minat belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha sebesar 41,4%, sedangkan pengaruh sebesar 58,6% disebabkan oleh variabel-variabel lain diluar model ini.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Metri, G. G. ., Astana, A. C. ., & Lisnawati, L. (2022). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Beragama Buddha di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9303–9313. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9850