Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Beragama Buddha di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021.
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9850Abstract
Minat belajar dan motivasi belajar sangat dibutuhkan untuk tercapainya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa beragama Buddha dari kelas VII-IX di SMP Negeri Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Teknik dan instrument pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Kuesioner digunakan untuk mengukur masing – masing variabel minat belajar dan motivasi belajar. Kuesioner yang diberikan, sebelumnya dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha di SMP Negeri Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi sebesar 0,259; besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha sebesar 0,311; pengaruh minat belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha sebesar 41,4%, sedangkan pengaruh sebesar 58,6% disebabkan oleh variabel-variabel lain diluar model ini.Downloads
Published
2022-12-07
How to Cite
Metri, G. G. ., Astana, A. C. ., & Lisnawati, L. (2022). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Beragama Buddha di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9303–9313. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9850
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Gustiya Gandha Metri, Astri Chintya Astana, Lisnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









