Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Buku Al-Arabiyyatu Bayna Yadai Aulaadinaa dalam Perspektif Perkembangan Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9849Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesesuaian konten pembelajaran pada buku Al-Arabiyyatu Bayna Yadai Aulaadinaa dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) Indonesia. Buku ini adalah buku teks pembelajaran bahasa Arab untuk penutur asing bagi anak-anak sejak usia lima tahun. Konten dan penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar dibandingkan dengan perspektif perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan tiga pendekatan yaitu pertumbuhan, perkembangan, dan kemampuan bahasa pada anak usia dini yang ditetapkan dalam Permen Dikbud No. 137 tahun 2014. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi kandungan nilai-nilai STPPA Indonesia dalam setiap tema, gambar, dan bentuk latihan yang ditampilkan oleh buku teks itu. Kesimpulan penelitian ini, buku Al-Arabiyyatu Bayna Yadai Aulaadinaa dapat menyasar seluruh kompetensi serta unsur berbahasa yang dibutuhkan untuk menguasai bahasa Arab sesuai tahap perkembangan siswa, sehingga penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar tidak menghalangi informasi yang disampaikan, selama pengajar bisa menyesuaikan hal ini dalam berkomunikasi dengan pemelajar. Kata kunci: Al-Arabiyyatu Bayna Yadai Aulaadinaa, Buku Pelajaran Bahasa Untuk Anak, Pengajaran Bahasa Arab, Pembelajaran Bahasa AnakDownloads
Published
2022-12-08
How to Cite
Safitri, A., & Ajie, R. M. A. A. . (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Buku Al-Arabiyyatu Bayna Yadai Aulaadinaa dalam Perspektif Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9410–9423. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9849
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ainun Safitri, Raden Muhammad Arie Andhiko Ajie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).