Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Buku Al-Arabiyyatu Bayna Yadai Aulaadinaa dalam Perspektif Perkembangan Anak

Authors

  • Ainun Safitri Universitas Indonesia
  • Raden Muhammad Arie Andhiko Ajie Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9849

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesesuaian konten pembelajaran pada buku Al-Arabiyyatu Bayna Yadai Aulaadinaa dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) Indonesia. Buku ini adalah buku teks pembelajaran bahasa Arab untuk penutur asing bagi anak-anak sejak usia lima tahun. Konten dan penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar dibandingkan dengan perspektif perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan tiga pendekatan yaitu pertumbuhan, perkembangan, dan kemampuan bahasa pada anak usia dini yang ditetapkan dalam Permen Dikbud No. 137 tahun 2014. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi kandungan nilai-nilai STPPA Indonesia dalam setiap tema, gambar, dan bentuk latihan yang ditampilkan oleh buku teks itu. Kesimpulan penelitian ini, buku Al-Arabiyyatu Bayna Yadai Aulaadinaa dapat menyasar seluruh kompetensi serta unsur berbahasa yang dibutuhkan untuk menguasai bahasa Arab sesuai tahap perkembangan siswa, sehingga penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar tidak menghalangi informasi yang disampaikan, selama pengajar bisa menyesuaikan hal ini dalam berkomunikasi dengan pemelajar. Kata kunci: Al-Arabiyyatu Bayna Yadai Aulaadinaa, Buku Pelajaran Bahasa Untuk Anak, Pengajaran Bahasa Arab, Pembelajaran Bahasa Anak

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Safitri, A., & Ajie, R. M. A. A. . (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Buku Al-Arabiyyatu Bayna Yadai Aulaadinaa dalam Perspektif Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9410–9423. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9849