Analisis Debt To Assets Ratio dan Debt To Equity Ratio Sebagai Alat Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT PP London Sumatra Indonesia Tbk Periode 2017-2021

Authors

  • Tamara Agnesia Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9844

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan pada PT PP London Sumatra Indonesia Tbk pada periode 2017-2021 berdasarkan rasio solvabilitas. Populasi pada penelitian ini adalah laporan keuangan PT PP London Sumatra Indonesia periode 2017-2021. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah laporan keuangan PT PP London Sumatra Indonesia Tbk periode 2017-2021 bagian neraca dan laba rugi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan analisis rasio solvabilitas. Jenis rasio solvabilitas yang digunakan adalah Debt to Assets Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER). Dari hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil analisis rasio solvabilitas dengan Debt to Assets Ratio (DAR), kinerja perusahaan periode 2017-2021 dikatakan baik Hal ini dikarenakan hasil perhitungan rata-rata DAR kurang dari  standar rata-rata industri. Artinya, perusahaan memiliki kemampuan untuk menutup kewajiban (hutang) dengan total aktiva yang dimiliki perusahaan apabila dilikuidasi. Berdasarkan hasil analisis rasio solvabilitas dengan Debt to Equity Ratio (DER), kinerja perusahaan periode 2017-2021 juga dikatakan baik. Hal ini dikarenakan hasil perhitungan DER kurang dari standar rata-rata industri. Artinya, perusahaan memiliki kemampuan untuk menutup kewajiban (hutang) dengan modal yang dimiliki perusahaan apabila dilikuidasi.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Agnesia, T. . (2022). Analisis Debt To Assets Ratio dan Debt To Equity Ratio Sebagai Alat Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT PP London Sumatra Indonesia Tbk Periode 2017-2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9261–9267. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9844