Implementasi Blended Learning Di Sekolah Dasar Maria Regina School Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9841Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran blended learning. Penelitian dilakukan di SD Maria Regina School Semarang, sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif meliputi reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi perencanaan blended learning di SD Maria Regina School Semarang meliputi perencanaan dalam melaksanakan pembelajaran seperti materi, metode, media atau fasilitas pembelajaran, perencanaan dalam pembuatan perangkat pembelajaran, silabus, dan RPP. 2) Implementasi pengorganisasian blended learning ialah guru bertugas untuk menjelaskan materi, mengawasi jalannya kegiatan pembelajaran dan memberikan penilaian kepada peserta didik. Sementara itu, tenaga teknisi bertugas untuk membantu mempersiapkan berbagai sarana yang digunakan dalam pembelajaran secara daring. 3) Implementasi pelaksanaan blended learning meliputi seeking information, acquisition of information, dan synthesizing knowledge. Penerapan ketiga pedoman tersebut dilakukan dengan membagi level pembelajaran menjadi tiga kelas kemudian diarahkan untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh (RL) atau Pembelajaran Langsung (IPL). 4) Implementasi penilaian blended learning di SD Maria Regina School dilakukan secara formatif maupun sumatif secara online.Downloads
Published
2022-12-07
How to Cite
Yunhang, L. ., & Hasanah, E. (2022). Implementasi Blended Learning Di Sekolah Dasar Maria Regina School Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9237–9241. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9841
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lai Yunhang, Enung Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).