Upaya Guru Agama dalam Menanamkan Akhlak Mulia Pada Peserta Didik di MAS Raudhatul Akmal Batang Kuis

Authors

  • Iqbal Maulana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Jelita Dalimunthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Murni Emayanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sumirah Silalahi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9827

Abstract

Upaya guru pendidikan agama islam adalah usaha sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memiliki, menghayati, hingga mengimani, bertaqwa dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran islam dari sumber utamanya kitab suci Al-Qur’an dan hadits. Oleh karena itu, guru selalu dituntut untuk berupaya mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik agar peserta didik mengetahui potensi yang dimilikinya. Termasuk dalam pembentukan akhlak siswa, agar siswa dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Penelitian ini dilakukan di MAS Raudhatul Akmal sebagai objek penelitian, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik di MAS Raudhatul Akmal sangat heterogen latar belakangnya, ada yang sudah bias membaca Al-Qur’an. Upaya yang dilakukan guru dalam pembentukan akhlak peserta didik antara lain: (1) selalu memperhatikan ibadah mereka baik disekolah maupun dirumah, (2) memberikan pemahaman kepada mereka bahwa adab lebih tinggi derajatnya dari pada ilmu, (3) melarang keras membawa gadget, (4) kegiatan- kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha ini juga akan dapat meningkatkan akhlak mereka, (5) memberikan teladan dan (6) membimbing serta menasehati mereka.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Maulana, I. ., Dalimunthe, J. ., Emayanti, M. ., & Silalahi, S. . (2022). Upaya Guru Agama dalam Menanamkan Akhlak Mulia Pada Peserta Didik di MAS Raudhatul Akmal Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9168–9177. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9827