Upaya Guru Agama dalam Menanamkan Akhlak Mulia Pada Peserta Didik di MAS Raudhatul Akmal Batang Kuis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9827Abstract
Upaya guru pendidikan agama islam adalah usaha sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memiliki, menghayati, hingga mengimani, bertaqwa dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran islam dari sumber utamanya kitab suci Al-Qur’an dan hadits. Oleh karena itu, guru selalu dituntut untuk berupaya mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik agar peserta didik mengetahui potensi yang dimilikinya. Termasuk dalam pembentukan akhlak siswa, agar siswa dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Penelitian ini dilakukan di MAS Raudhatul Akmal sebagai objek penelitian, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik di MAS Raudhatul Akmal sangat heterogen latar belakangnya, ada yang sudah bias membaca Al-Qur’an. Upaya yang dilakukan guru dalam pembentukan akhlak peserta didik antara lain: (1) selalu memperhatikan ibadah mereka baik disekolah maupun dirumah, (2) memberikan pemahaman kepada mereka bahwa adab lebih tinggi derajatnya dari pada ilmu, (3) melarang keras membawa gadget, (4) kegiatan- kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha ini juga akan dapat meningkatkan akhlak mereka, (5) memberikan teladan dan (6) membimbing serta menasehati mereka.Downloads
Published
2022-12-07
How to Cite
Maulana, I. ., Dalimunthe, J. ., Emayanti, M. ., & Silalahi, S. . (2022). Upaya Guru Agama dalam Menanamkan Akhlak Mulia Pada Peserta Didik di MAS Raudhatul Akmal Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9168–9177. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9827
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Iqbal Maulana, Jelita Dalimunthe, Murni Emayanti, Sumirah Silalahi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









