Implementasi Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA Sumber Energi Matahari Pada Kelas IV SDN 105269 Sei Beras Sekata

Authors

  • Al Fathar Ihsan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Hidayati Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Mutiara Indriani Rangkuti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Siti Fatimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Aufa Aufa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9753

Abstract

Ruang lingkup proses pembelajaran bukan hanya mengingat atau mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan guru saat di dalam kelas. Akan tetapi juga termasuk dalam perubahan perilaku peserta didik yang bisa dilakukan dengan cara melakukan eksperimen. Metode Penelitian ini adalah penelitian  lapangan dengan menerapkan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dan yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 105269 Sei Beras Sekata yang berjumlah 12 orang. Pemahaman peseta didik yang dilihat dari hasil belajar peserta didik dan foto saat proses pembelajaran dijadikan sebagai data pada penelitian ini. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mendapatkan data. Hasil penelitian hanya berfokus pada pengamatan dengan melibatkan peserta didik secara langsung.

Downloads

Published

2022-12-06

How to Cite

Ihsan, A. F. ., Siregar, H. ., Rangkuti, M. I. ., Fatimah, S. ., & Aufa, A. (2022). Implementasi Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA Sumber Energi Matahari Pada Kelas IV SDN 105269 Sei Beras Sekata. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8789–8795. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9753