Produk Inovasi Kurikulum dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Berdasarkan Perkembangan IPTEK

Authors

  • Mega Krisdiana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Malihah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lukman Nulhakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9679

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana inovasi kurikulum yang ada di Indonesia sesuai dengan perkembangan IPTEK khususnya pada kurikulum terbaru saat ini yaitu Kurikulum Merdeka. Sehingga penelitian ini dapat berkontibusi dalam mengetahui berbagai inovasi kurikulum di Indonesia. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif, di mana peneliti akan mendeskripsikan dan menjelaskan secara terperinci mengenai produk inovasi kurikulum dalam pembelajaran di sekolah dasar berdasarkan perkembangan IPTEK. Penelitian ini mengaplikasikan data sekunder, di mana data tersebut didapatkan dari berbagai sumber berupa buku dan jurnal yang masih berkaitan dengan judul penelitian, karena jenis penelitian ini adalah studi literatur. Hasil penelitian ini adalah beberapa inovasi kurikulum yang ada di Indonesia adalah : kurikulum 2004 atau KBK, kurikulum 2006 atau KTSP, kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Kurikulum yang dianggap bisa untuk mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi era society 5.0 adalah kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka telah memfasilitasi pembelajaran yang berbasis internet of things, augmented reality serta penggunaan artificial intelligence dalam pembelajaran. Pembelajaran didesain agar dapat mengembangkan kecakapan utama yang terdiri dari critical thinking, communication, collaboration, and creativity. Melalui keterampilan tersebut siswa diharapkan dapat melakukan adaptasi pada era society 5.0 yang padat dengan teknologi informasi maupaun permasalahan sosial dalam masyarakat global.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Krisdiana, M., Siti Malihah, & Lukman Nulhakim. (2022). Produk Inovasi Kurikulum dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Berdasarkan Perkembangan IPTEK. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8683–8689. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9679

Most read articles by the same author(s)