Produk Inovasi Kurikulum dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Berdasarkan Perkembangan IPTEK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9679Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana inovasi kurikulum yang ada di Indonesia sesuai dengan perkembangan IPTEK khususnya pada kurikulum terbaru saat ini yaitu Kurikulum Merdeka. Sehingga penelitian ini dapat berkontibusi dalam mengetahui berbagai inovasi kurikulum di Indonesia. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif, di mana peneliti akan mendeskripsikan dan menjelaskan secara terperinci mengenai produk inovasi kurikulum dalam pembelajaran di sekolah dasar berdasarkan perkembangan IPTEK. Penelitian ini mengaplikasikan data sekunder, di mana data tersebut didapatkan dari berbagai sumber berupa buku dan jurnal yang masih berkaitan dengan judul penelitian, karena jenis penelitian ini adalah studi literatur. Hasil penelitian ini adalah beberapa inovasi kurikulum yang ada di Indonesia adalah : kurikulum 2004 atau KBK, kurikulum 2006 atau KTSP, kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Kurikulum yang dianggap bisa untuk mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi era society 5.0 adalah kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka telah memfasilitasi pembelajaran yang berbasis internet of things, augmented reality serta penggunaan artificial intelligence dalam pembelajaran. Pembelajaran didesain agar dapat mengembangkan kecakapan utama yang terdiri dari critical thinking, communication, collaboration, and creativity. Melalui keterampilan tersebut siswa diharapkan dapat melakukan adaptasi pada era society 5.0 yang padat dengan teknologi informasi maupaun permasalahan sosial dalam masyarakat global.Downloads
Published
2022-12-05
How to Cite
Krisdiana, M., Siti Malihah, & Lukman Nulhakim. (2022). Produk Inovasi Kurikulum dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Berdasarkan Perkembangan IPTEK. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8683–8689. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9679
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mega Krisdiana, Siti Malihah, Lukman Nulhakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).