Integrasi Pelajaran Akidah Ahlak Melalui Pembinaan Keagamaan Pondok Pesantren Dalam Menanamkan Karakter Religius Pada Siswa MTS Al Manar Bener Tengaran Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9669Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain integrasi pembelajaran akidah ahklak melalui pembinaan keagaamaan pondok pesantren pada siswa MTs Al-Manar Bener Tengaran, untuk mengetahui proses integrasi pembelajaran akidah ahklak melalui pembinaan keagaamaan pondok pesantren dalam menanamkan karakter religius pada siswa MTs Al-Manar Bener Tengaran, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat integrasi pembelajaran akidah ahklak melalui pembinaan keagaamaan pondok pesantren dalam menanamkan karakter religius pada siswa MTs Al-Manar Bener Tengaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang melibatkan narasumber Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru akidah akhlak, dan siswa kelas IX di MTs Al-Manar Bener Tengaran. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menemukan, bahwa integrasi pembelajaran akidah ahklak melalui pembinaan keagaamaan pondok pesantren dalam menanamkan karakter religius pada siswa MTs Al-Manar Bener Tengaran, melalui desain pembelajaran yang memuat Kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan Kegiatan-kegiatan pembiasaan di luar kelas. Proses integrasi pembelajaran akidah ahklak dalam menanamkan karakter religius pada siswa MTs Al-Manar Bener Tengaran melalui pembelajar di kelas dilaksanakan dengan perencanaan yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terdiri dari kegiatan pendahulan, kegiatan inti, kegitan penutup. Sedangkan pembelajaran di luar kelas berupa kegiatan seperti sholat dhuaha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, istigosah atau tahlilan bersama. Sedangkan integrasi Pembinaan keagaamaan pondok pesantren dalam menanamkan karakter religius ini melalui dua program pembiasaan 5 S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun), pembiasaan sikap jujur, pembiasaan memiliki sikap tangung jawab, dan ada berupa pembinaan kegitan pelatihan muhadhoroh. Faktor-faktor pendukung, yang meliputi: perencanaa program pendidikan melalui guru, lingkungan belajar yang memadahi, dukungan dari lembaga. Sedangkan penghambatnya kurangnya sikap antusias dari siswa, masih kurangnya pengawasan dan pengondisian dari tenaga pendidik.Downloads
Published
2022-12-03
How to Cite
Munif, E. B. ., & Wahidin, W. (2022). Integrasi Pelajaran Akidah Ahlak Melalui Pembinaan Keagamaan Pondok Pesantren Dalam Menanamkan Karakter Religius Pada Siswa MTS Al Manar Bener Tengaran Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8273–8287. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9669
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Emi Bahrul Munif, Wahidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









