Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9620Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya: (1) Pengaruh peran kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru, dan (4) Pengaruh peran kepala sekolah, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora berjumlah 172 guru dan sampel penelitian 120 guru dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis pada penelitian ini meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan peran kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,352 atau 35,2% dengan persamaan Y = 43,719 + 0,384X1; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,646 atau 64,6% dengan persamaan Y = 28,341 + 0,715X2; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,368 atau 36,8% dengan persamaan Y = 34,035 + 0,664X3; dan (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan peran kepala sekolah, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,675 atau 67,5% dengan persamaan Y = 24,653 + 0,002X1 + 0,502X2 + 0,257X3.Downloads
Published
2022-12-02
How to Cite
Putri, . . P. N. ., & Murniati, N. A. N. . (2022). Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7963–7969. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9620
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Puspita Nuraini Putri, Ngurah Ayu Nyoman Murniati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).