Pelatihan TOEIC untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas XI SMK Negeri 5 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9604Abstract
Test of English for International Communication atau yang disingkat dengan TOEIC merupakan tes bahasa inggris untuk komunikasi internasional. Tujuan kegiatan pelatihan TOEIC offline ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa guna persiapan di dunia kerja. Peserta dari kegiatan pelatihan ini adalah siswa dan siswi kelas XI, di SMK Negeri Negeri 5 Jakarta. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 126 siswa dari beberapa jurusan. Pelaksanaan kegiatan tatap muka ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan pelatihan sebanyak 5 kali pertemuan. Untuk pertemuan pertama dan kedua diisi dengan materi Listening dan latihan soal, untuk pertemuan ketiga dan keempat diisi dengan Reading dan latihan soal, sedangkan pelaksanaan tes dilaksanakan pada pertemuan ke 5. Kegiatan tersebut berjalan lancar dan siswa mengikuti kegiatan dengan antusias. Berdasarkan hasil tes siswa diperoleh hasil bahwa skor TOEIC tertinggi 780 dan skor terendah 190. Siswa yang memperoleh skor di atas 500 ada 13 siswa (10%), yang memperoleh skor antara 400 – 449 ada 19 siswa (15%), yang memperoleh skor antara 300 – 399 ada 56 siswa (44%), dan yang mendapat skor di bawah 300 ada 38 siswa (30%). Batas minimum skor TOEIC siswa SMK secara umum diharapkan bisa mencapai 400. Siswa dapat lebih semangat lagi untuk belajar bahasa inggris guna meningkatkan kemampuan Bahasa inggris dalam menghadapi dunia kerja.Downloads
Published
2022-12-01
How to Cite
Agoestyowati, R. ., Makmuroh, U. H. ., & Sabila, H. . (2022). Pelatihan TOEIC untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas XI SMK Negeri 5 Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7861–7867. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9604
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Redjeki Agoestyowati, Umi Hanik Makmuroh, Hafizah Sabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









