The Role Of Teachers In Overcoming The Poblematics Of Learner Delinquency (Case Study Of SMP Negeri 2 Karanglewas, Banyumas Regency,Central Java Province)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9523Abstract
Penelitian ini membahas masalah kenakalan siswa yang berkaitan dengan: (1) Apa yang dilakukan siswa pada saat pembelajaran di sekolah (2) Bagaimana peran guru dalam mengatasi masalah kenakalan siswa pada saat pembelajaran di sekolah. Dalam penelitian ini, penulis mencoba mengkaji kasus kenakalan siswa selama bulan September sampai Oktober 2022 dari kelas 7 sampai kelas 9 di SMP Negeri 2 Karanglewas dan peran guru dalam menyelesaikannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui beberapa kenakalan siswa dan cara mengatasi atau mengatasi berbagai kasus kenakalan siswa di SMP Negeri 2 Karanglewas. (2) Mengetahui peran guru dalam mengatasi kenakalan siswa pada saat pembelajaran di sekolah berlangsung di SMP Negeri 2 Karanglewas. Karena semua guru di SMP Negeri 2 Karanglewas, baik guru BK, PJOK, agama, pkn, bahasa inggris, dan lainnya mengetahui dan mengawasi kepedulian siswa dalam pembelajaran di lingkungan sekolah atau mungkin di luar sekolah, terutama bagi siswa yang melakukan perilaku menyimpang. melanggar tata tertib sekolah. Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan guru SMP Negeri 2 Karanglewas, terdapat beberapa perilaku menyimpang seperti tawuran sesama siswa, mendorong siswa yang menyebabkan salah satu siswa terluka, bolos kelas, lompat pagar, hingga kasus siswa menggantungkan sepeda di pagar sekolah beberapa warga sekitar yang sedang mencari rumput untuk ternaknya, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya mengenai penjelasan ini dan peran guru SMP Negeri 2 Karnglewas dalam menyelesaikannya dan merubah siswa agar tidak terulang kembali akan penulis tuliskan pada pembahasan artikel yang penulis tulis.Downloads
Published
2022-12-01
How to Cite
Muahad, F. ., & Ningsih, T. . (2022). The Role Of Teachers In Overcoming The Poblematics Of Learner Delinquency (Case Study Of SMP Negeri 2 Karanglewas, Banyumas Regency,Central Java Province). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7782–7787. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9523
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Faiz Muahad, Tutuk Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









