Dasar dan Asas Pendidikan dalam Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9512Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah adalah supaya dapat memahami Dasar dan Asas Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Landasan pendidikan Islam adalah Alquran dan Hadits. Kedua landasan tersebut ialah sumber ajaran islam yang akan menjadi pedoman hidup umat Islam. Selain itu, ada prinsip kependudukan, yaitu beberapa ilmu pendidikan yang fungsinya diperlukan untuk membangun konsep pendidikan. Penelitian ini menggunakan survei literatur yang melihat buku-buku sejarah peradaban Islam yang terkait dengan topik penelitian. Penelitian kepustakaan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan data penelitian kepustakaan dengan menggunakan sumber pustaka untuk memperoleh penelitian, dengan melakukan kegiatan membaca, mengolah dan merekam bahan penelitian penelitian (Zed, 2004). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Deskripsi kualitatif adalah kajian tentang peristiwa-peristiwa yang akan dialami subjek penelitian. Karena itu, tujuan pendidikan Islam berbeda-beda, berdasarkan Islam bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat hidup dengan berpegang teguh pada ajaran Islam. Al-Qur'an tidak menganggap manusia sebagai makhluk yang diciptakan secara kebetulan atau diciptakan dari kumpulan atom, tetapi mereka diciptakan setelah direncanakan untuk melakukan tugas sebagai tuhan di bumi ini.Downloads
Published
2022-11-30
How to Cite
Syafira, A. C. ., Nasution, . A. F. ., Nasution, K. A. ., Daulay, M. S. ., & Tarigan, M. . (2022). Dasar dan Asas Pendidikan dalam Al-Qur’an . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7405–7410. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9512
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ade Chia Syafira, Amaliya Fitri Nasution, Kartina Anggraini Nasution, Meilinda Sariani Daulay, Mardinal Tarigan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).