Hubungan Penggunaan Bahasa Daerah Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9335Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari penggunaan Bahasa Daerah pada proses pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah yaitu pada kelas II SD Negeri 29/1 Terusan. Penelitian ini menggunkan metode penelitian Uji Reliabilitas dan Validitas. Instrumen penelitian ini digunakan dengan cara tes lisan dengan menggunakan sebuah kata serta kalimat. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut maka penggunaan Bahasa Daerah pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut menimbulkan hasil yang bagus dan meningkat bagi peserta didik yang dimana peserta didik akan lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru sehingga ia lebih bersemangat dalam pembelajaran tersebut. Dengan terbiasanya Berbahasa Daerah atau dengan menguasai Bahasa Nasional akan membuat anak ingin untuk memperkenalkan Bahasa Daerahnya kepada orang lain. Bahasa daerah yang sebagai kearifan lokal adalah bagian dari suatu kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia bahwa Bahasa Daerah merupakan Bahasa yang digunakan secara turun temurun oleh warga negara Indonesia di Daerah. Dengan bersandingnya kedua pemakaian bahasa tersebut yaitu Bahasa Indonesia dan bahasa daerah pada pembelajaran bahasa indonesia tersebut dapat meningkatkan pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar.Downloads
Published
2022-11-25
How to Cite
Noviyanti, S. ., & Amelia, L. . (2022). Hubungan Penggunaan Bahasa Daerah Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6492–6497. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9335
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Silvina Noviyanti, Laili Amelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).