Penerapan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Siswa dalam Layanan Konseling Kelompok pada Kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi

Authors

  • Desti Sarimadana Universitas Jambi
  • Akmal Sutja Universitas Jambi
  • Rully Andi Yaksa Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9317

Abstract

Kemampuan mengungkapkan pendapat merupakan adanya kesanggupan untuk menyatakan pikiran atau perasaannya, kemampuan mengekspresikan ide, mempertahankan hak individu dan tidak melanggar dan menghargai hak orang lain. Saat pemberian layanan BK terkhusus layanan konseling kelompok yang pernah dilakukan masih ada siswa yang tidak memberikan pendapat dan tanggapannya sehingga tidak terlihatnya dinamika kelompok. Maka diterapkan teknik assertive training di mana sangat efektif dalam membantu siswa memberikan pendapat, tanggapan, ataupun contoh dengan metode role playing yang di mana membangun hubungan dan interaksi satu sama lain, selain itu bagaimana dapat berbicara atau berinteraksi dengan orang lain dengan tetap menghargai orang lain tersebut, serta membantu menghadapi atau mengentaskan permasalahan yang dialami. Jenis penelitian ini adalah PTL (Penelitian Tindakan Layanan). Subjek dalam penelitian ini adalah beberapa siswa kelas XI yakni terdiri dari 2 Laki-laki dan 4 Perempuan dengan inisial A1P, C2H, I3P, H4S, C5A dan R6S. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil yang didapat setelah satu (I) maka peningkatan mengungkapkan pendapat siswa terjadi sebanyak 46%, kemudian pada pelaksanaan siklus dua (II) peningkatan mengungkapkan pendapat siswa terjadi sebanyak 62% sedangkan pada siklus ketiga (III) peningkatan mengungkapkan pendapat siswa terjadi sebanyak 88%.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Sarimadana, D. ., Sutja, . A. ., & Yaksa, R. A. . (2022). Penerapan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Siswa dalam Layanan Konseling Kelompok pada Kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6456–6462. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9317

Most read articles by the same author(s)